18 November 2018

Jamal Khashoggi Masih Hilang, Arab Saudi Tetap Gelar Forum Investasi

KONFRONTASI -   Pemerintah Arab Saudi akan tetap menggelar forum investasi internasional akhir bulan ini meski ada banyak pihak yang menarik keikutsertaannya terkait hilangnya jurnalis Jamal Khashoggi.
 
Google menjadi perusahaan terakhir yang menarik diri dari Future Investment Initiative (FII) yang dijadwalkan diadakan di Riyadh mulai 23 Oktober 2018. Sebelumnya, Uber, Ford Motor, dan banyak perusahaan multinasional memutuskan untuk tidak menghadiri acara itu.
 
Namun, hal ini tidak menahan Arab Saudi untuk tetap menggelar forum tersebut.
 
"Dengan lebih dari 150 pembicara yang telah dikonfirmasi dari lebih 140 organisasi yang berbeda, termasuk 17 mitra organisasi global, FII akan melihat bagaimana investasi bisa digunakan untuk mendorong pertumbuhan, mendukung inovasi, dan menghalau tantangan global," demikian disampaikan Public Investment Fund (PIF) seperti dilansir Reuters, Selasa (16/10/2018).
 
PIF adalah perusahaan investasi milik Pemerintah Arab Saudi. Investasi yang mereka lakukan di antaranya di SoftBank dan Tesla. 
 
Adapun Khashoggi adalah jurnalis Arab Saudi yang dikenal sering mengkritik pemerintahnya. Dia menjadi kolumnis di The Washington Post.
 
Khashoggi terakhir kali terlihat dua pekan lalu ketika masuk ke gedung Konsulat Arab Saudi di Istanbul, Turki untuk mengurus dokumen pernikahannya. Tunangannya, yang menunggu di luar gedung, mengungkapkan Khashoggi tidak keluar lagi.
 
Hilangnya Khashoggi mendapat perhatian dari dunia dan membuat Arab Saudi mendapat tekanan, termasuk ancaman sanksi dari AS. Arab Saudi sudah membantah terlibat dalam peristiwa ini.(Jft/Kabar24)

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...