Irlandia Dukung Rakyat Palestina Merdeka

Konfrontasi – Dukungan kepada rakyat Palestina semakin gencar. Seruan kemerdekaan Palestina kembali datang dari Majelis tinggi parlemen Irlandia.

Dalam pemungutan suara di parlemen Irlandia, mayoritas senat menyetujui pengakuan kemerdekaan rakyat Palestina. Perlemen meminta pemerintah mengakui secara formal status Palestina dan meminta penyelesaian konflik Israel-Palestina.

Senator oposisi Averil Power menegaskan Irlandia harus memastikan hak rakyat Palestina tanpa motif apapun. Namun, pemerintah berhak mengambil sikapnya sendiri karena seruan parlemen tidak mebgikat. Power berharap pertemuan parlemen dengan Menteri Luar Negeri Irlandia Charlie Flanagan November mendatang memberi manfaat bagi Palestina.

"Sangat menyenangkan karena kami tidak harus melakukan pemungutan suara karena kami memperoleh dukungan lintas partai, yang memberikan pesan yang kuat," ucap Power, Kamis (23/10).

Sementara itu, Duta besar Israel untuk Irlandia Boaz Modai menentang langkah anggota parlemen. Boaz menilai tindakan sepihak Irlandia berdampak buruk bagi hubungan kedua negara.

"Aksi seperti ini untuk mengakui Palestina secara sepihak adalah kontra-produktif karena mereka hanya memberikan alasan bagi orang-orang di pihak Palestina yang berharap untuk mencapai tujuan mereka tanpa berbicara langsung kepada Israel," kata Boaz.

Selain Irlandia, sebanyak 112 negara juga telah mengakui kemerdekaan Palestina. Tekanan politik pada Israel semakin kuat pasca perang yang membunuh ribuan warga sipil.

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA