23 September 2018

Iran Menang Bila Trump Keluar dari JCPOA

KONFRONTASI - Seorang diplomat senior Amerika, Dennis Ross memperkirakan, jika Presiden Donald Trump memutuskan keluar dari kesepakatan nuklir (JCPOA), Iran akan menang.

Dalam sebuah artikel di surat kabar The Washington Post terbitan Selasa (3/4/2018), Ross menulis, mundurnya Trump dari kesepakatan nuklir akan menyebabkan kemenangan bagi Iran.

Ross, yang sempat beberapa kali mewakili AS dalam perundingan nuklir, menuturkan bahwa pemerintah, para politisi, bank dan perusahaan-perusahaan besar Eropa tidak akan mengikuti sanksi AS terhadap Iran.

"Jika Trump mundur dari JCPOA, Eropa tidak akan bergabung dengannya dan ia akan sendirian, dan langkah ini akan membuat Amerika terisolasi," tegasnya.

Menurut Ross, sekutu abadi AS seperti Inggris, Perancis dan Jerman tidak akan mau memenuhi permintaan pemerintah Washington.

Kesepakatan nuklir Iran dan kelompok 5+1 (AS, Inggris, Perancis, Rusia, Cina ditambah Jerman) diterapkan sejak Januari 2016, namun pemerintah AS selalu berusaha merusak kesepakatan internasional ini.[ian/pars]

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  



Berita lainnya

loading...