Inggris Dukung Papua dan Papua Barat Tetap Jadi Bagian NKRI

Konfrontasi - Pemerintah Inggris mendukung Papua dan Papua Barat tetap berada dalam kesatuan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Hal itu disampaikan Duta besar Inggris untuk Indonesia Moazzam Malik saat berkunjung ke Sorong, Kamis (16/11/2017).

Moazzam Malik menyampaikan, pemerintah Inggris telah berkomitmen Pemerintah Indonesia memajukan masyarakat Papua agar tetap menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari NKRI. Karena itu, Inggris tidak mendukung segala aktivitas terkait permintaan kemerdekaan oleh kelompok-kelompok di wilayah Papua dan Papua Barat.

“Namun yang menjadi catatan bagi Pemerintah Indonesia yaitu hak-hak politik dan hak-hak untuk mendapat kehidupan yang layak oleh masyarakat Papua perlu mendapat perhatian serius,” ujarnya seperti dikutip Antara, Jumat (17/11/2017).

Selain itu, Pemerintah Indonesia perlu mendengar aspirasi masyarakat Papua baik aspirasi tentang pembangunan untuk kesejahteraan maupun berbagai tindakan pelanggaran HAM.

“Masyarakat Papua berhak untuk merasakan kehidupan yang sejahtera setara dengan daerah-daerah lain di Indonesia,” kata dia pula.

Menurut dia, Pemerintah Inggris mendukung berbagai program pemerintah provinsi Papua dan Papua Barat untuk kesejahteraan masyarakat, salah satunya adalah program peningkatan pendidikan dengan memberikan bantuan beasiswa bagi bagi mahasiswa Papua yang berprestasi.

“Kami juga mendukung program-program pemerintah di bidang kehutanan dengan tujuan agar hutan Papua yang menjadi sumber kehidupan dapat terlestarikan untuk kehidupan di masa yang akan datang,” ujarnya pula. (lnsaindo/mg)

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  

loading...