Hina Nabi Muhammad, Blogger Iran Divonis Hukuman Mati

KONFRONTASI-Hakim Pengadilan Kriminal Teheran menjatuhi hukuman mati pada seorang blogger bernama Soheil Arabi. Ia dinyatakan terbukti telah menghina Nabi Muhammad.

Arabi disebut telah mengakui telah menyematkan dan mempertahankan delapan halaman Facebook yang berisi penghinaan terhadap Sang Nabi Terakhir.

Tak dijelaskan detail seperti apa muatan penghinaan yang terpampang di halaman Facebook Arabi.

Arabi sebelumnya ditangkap bersama istrinya pada November 2013 lalu oleh agen Revolutionary Guards Corps (IRGC) atau Tentara Garda Revolusi Iran atas dugaan penghinaan terhadap Nabi Muhammad. Sang istri kemudian dibebaskan, sedangkan Arabi ditahan di Penjara Evin.

"Dia ditangkap karena menghina Nabi tanpa berpikir matang dan dalam kondisi psikologi yang buruk," kata sumber anonim, yang dilansir  The Independent, Sabtu (20/9/2014).

"Namun cara penangkapan aparat itu ilegal. Mereka tiba-tiba sudah masuk begitu saja di dalam kamar terdakwa. Dia dan istri ditangkap, dan foto serta barang disita," imbuh sumber tersebut.

Arabi kemudian disidang dan dijatuhi hukuman mati. Berdasarkan Pasal 262 KUHP Iran, warga negara yang menghina Nabi Muhammad bakal dihukum mati.[lip6]

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  

loading...