16 August 2018

Gelar Latihan Menembak PLA:Kapal Sipil Dilarang Lewat Selat Taiwan

KONFRONTASI -  Kapal sipil sempat dilarang melintasi Selat Taiwan pada saat pasukan Tentara Pembebasan Rakyat China (PLA) menggelar latihan menembak di wilayah perairan itu.

Badan Keamanan Maritim (MSA) Fujian telah mengeluarkan peringatan bahwa latihan menembak dengan menggunakan peluru di Selat Taiwan dimulai pada Rabu (18/4) pukul 08.00 waktu setempat (07.00 WIB) hingga tengah malam.

“Selama latihan tersebut berlangsung, kapal-kapal sipil dilarang melintasi wilayah itu,” demikian MSA Fujian sebagaimana dikutip Global Times, Kamis (19/4).

Direktur Chinese Academy of Social Sciences Institute of Taiwan Studies Yu Keli mengatakan bahwa latihan tersebut tidak hanya peringatan terhadap kelompok prokemerdekaan Taiwan, melainkan juga terhadap Amerika Serikat yang makin intensif menjalin komunikasi dengan pemerintahan pulau berpenduduk 23 juta jiwa itu.

Rilis yang dikeluarkan MSA Fujian menyebutkan waktu latihan yang sangat terbatas dan lokasi yang lebih dekat ke Fujian daripada Taiwan, menunjukkan bahwa China tidak ingin memperkeruh situasi lintas-Selat Taiwan.(Jft/Aktual)

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


loading...