11 December 2019

Fidel Castro Sebut Dirinya akan Segera Meninggal

KONFRONTASI - Pemimpin revolusioner Kuba Fidel Castro muncul di hadapan publik dan berpidato kepada Partai Komunis yang dirintisnya sekitar setengah abad silam. 

Castro mengatakan dirinya akan segera meninggal dunia, dan meminta para pengurus Partai Komunitas Kuba untuk tetap menjaga ideologinya agar tetap hidup.

"Saya akan berumur 90 tahun dalam waktu dekat," tutur Castro, yang sudah bertahun-tahun tak pernah lagi berpidato di publik. 

"Kematian akan datang kepada kita semua, namun ide-ide dari Komunitas Kuba akan menjadi bukti bahwa ide ini dapat menghasilkan kebaikan yang dibutuhkan umat manusia," sambung dia, seperti dikutip Associated Press, Selasa (19/4/2016). 

Pidato ini disampaikan saat pemerintah mengumumkan bahwa Raul Castro, adik dari Fidel, akan menjadi pemimpin tertinggi Partai Komunis Kuba. 

Pengumuman tersebut beserta pidato Fidel memperlihatkan bahwa generasi revolusioner akan tetap berkuasa di Kuba. Ini terjadi meski beberapa tokoh kuncinya meninggal dunia atau berusia lanjut, hubungan dengan Amerika Serikat (AS) kembali membaik dan tumbuhnya ketidakpuasan warga atas performa ekonomi Kuba. 

Situs pemerintah Kuba mengatakan Raul Castro, 84, akan menjadi pemimpin tertinggi Partai Komunitas Kuba, dengan Jose Ramon Machado Ventura sebagai wakilnya. Saat ini Raul Castro merupakan presiden Kuba. [ian/mtv]

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...