22 July 2019

FBI Lacak 150 WN Amerika yang Melakukan Perjalanan ke Suriah

Konfrontasi - Biro Penyelidikan Federal (FBI) melacak hampir 150 warga negara Amerika yang diyakini melakukan perjalanan ke Suriah dalam beberapa bulan terakhir dan berpotensi untuk bergabung dengan kelompok bersenjata, kata Direktur FBI James Comey, Selasa (18/11).

Dia mengatakan warga negara Amerika yang berperang dengan kelompok bersenjata asing menjadi perhatian utama bagi FBI karena kemungkinan mereka bisa kembali ke Amerika Serikat setelah memperoleh pelatihan, keahlian dan koneksi yang diperlukan untuk melakukan serangan di dalam negeri.

"Kami telah melacak hampir 150 orang yang melakukan perjalanan dari Amerika Serikat ke Suriah, untuk segala macam motivasi. Sejumlah besar dari mereka untuk berperang," katanya kepada wartawan dalam sebuah taklimat di Boston.

Ia mengatakan FBI bertekad untuk tidak membiarkan generasi masa depan terpengaruh diaspora teroris dari Suriah dan menciptakan 9/11 baru.

FBI memberikan perhatian yang besar terhadap orang-orang Amerika Serikat yang diyakini telah bergabung dengan kelompok milisi Negara Islam, yang telah menguasasi sebagai Suriah dan Irak dan telah melakukan kampanye perekrutan canggih di internet, kata Comey.

"Kami melihat di suatu tempat lebih dari selusin (warga Amerika yang telah bergabung Negara Islam) dan kami telah mampu mengendalikannya," kata Comey. "Saya tidak memiliki sangat yakin bahwa saya mengetahui kondisi di seluruh penjuru dunia," tambahnya.

Ia menolak untuk mengatakan berapa banyak warga Amerika Serikat yang dipercaya FBI mungkin sudah kembali ke Amerika Serikat setelah berjuang untuk kelompok bersenjata di luar negeri.

"Itu adalah sesuatu yang kita lacak dengan hati-hati," katanya. "Saya tidak ingin mereka tahu terlalu banyak tentang apa yang kita ketahui." (rol/ar)

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...