Donald Trump Positif Covid-19, Ini Reaksi Dunia

Konfrontasi - Sejak diumumkan pada Jumat (2/10/2020) bahwa Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dan ibu negara Melania Trump positif Covid-19, reaksi dari berbagai belahan dunia beragam.

Hasil positif Covid-19 yang dialami pemimpin ekonomi terbesar dunia itu menambah lebih banyak ketidakpastian pada kekhawatiran investor termasuk yang paling menonjol, bagaimana infeksi itu dapat memengaruhi pemilihan 3 November antara Trump, seorang Republikan dengan Joe Biden dari Demokrat.

Saham berjangka AS dan saham Asia turun setelah berita positif Covid-19 Trump tersebut mencuat. Kontrak masa depan untuk industri S&P 500 dan Dow kehilangan 1,9 persen. Harga minyak juga tergelincir begitu pun harga saham di Jepang dan Australia, anjlok.

Selain mendapat simpati dan doa dari beberapa pemimpin negara seperti Boris Johnson, Narendra Modi, dan Benjamin Netanyahu, Trump juga mendapat cemooh dan sindiran.

Gubernur Tokyo Yuriko Koike misalnya, berbicara melalui konferensi pers, tidak menyebut keengganan Trump memakai masker ketika ditanya tentang infeksi yang diderita presiden AS itu, namun dia malah mengatakan bahwa kabar positif Covid-nya Trump, "mengingatkan saya tentang bagaimana masker dipakai hampir seluruh orang di Jepang."

Media besar di seluruh dunia juga mengabarkan tentang positif Covid-nya presiden AS. Media besar resmi China Xinhua misalnya juga mengumumkan berita serupa, termasuk Seoul, Tokyo, Taipei, dan Dubai.

Namun, belum ada respons dari China tentang kabar tersebut setelah China merayakan hari libur nasional selama 8 hari.

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  

loading...