22 November 2019

Beijing Dikecam AS Soal Kebijakan Google Gmail

Konfrontasi - Fasilitas Google Gmail telah dihentikan oleh pemerintah Cina selama sepekan. Pemerintah Amerika Serikat pun menilai Beijing melanggar hak aspirasi rakyatnya.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Jeffrey Rathke mengatakan penyensoran media tidak sesuai dengan aspirasi Cina untuk membangun ekonomi dan masyarakat berbasis informasi.

"Jadi kami mendorong Cina untuk transparan dalam memperlakukan perusahaan-perusahaan internasional dan mempertimbangkan sinyal yang dikirim ke pasar dengan tindakan-tindakan seperti itu," kata Jeffrey Rathke.

Kementerian Luar Negeri Cina membantah pihaknya mengetahui l ayanan email Google diblokir. Melalui seorang juru bicara, Cina mengatakan negara itu menyambut investor asing yang melakukan bisnis sesuai dengan aturan yang berlaku.

Data dari perusahaan raksasa internet itu menunjukkan lalu lintas online dari Cina ke Gmail turun drastis pada Jumat dan belum pulih.

Wartawan BBC di Beijing Martin Patience melaporkan Google telah memeriksa layanan emailnya dan tidak mengalami masalah teknis.

Layanan Google, lanjut Patience, banyak digunakan oleh aktivis dan pembangkang yang berusaha agar komunikasi mereka tidak disadap oleh pihak berwenang.

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...