Badai Terparah Tahun 2015 Sedang Menuju Taiwan

Konfrontasi - Badai sangat kuat Soudelor sedang bergerak menuju Taiwan, Jepang, dan Tiongkok setelah meninggalkan jejak kerusakan di utara Kepulauan Mariana, demikian menurut laporan media, Rabu (5/8).

Topan yang terus mengumpulkan energi itu disebut-sebut sebagai yang terkuat sepanjang tahun 2015, dengan kecepatan 354 kilometer per jam yang sanggup merubuhkan tiang telegraf dan membalikkan mobil.

Status darurat telah diumumkan di kepulauan, tempat hidup sekitar 400 orang, dan akomodasi darurat sudah disiapkan setelah badai mencabut atap rumah dan membuat aliran listrik terputus.

"Saya telah beberapa kali melihat tiang listrik rubuh, saya lihat mobil terbalik di jalanan, dan banyak rumah yang atapnya tercabut," kata John Hirsh, dari Palang Merah Amerika di Saipan, kepada Pacific Daily News.

Ombak mencapai ketinggian 9 meter di Pulau Saipan, demikian dilaporkan Badan Cuaca Nasional, dan 10 pasien sedang dirawat akibat luka robek dan lebam.

Soudelor diprakirakan menguat selama bergerak ke arah barat Samudera Pasifik hingga beberapa hari ke depan, dan melemah sebelum memukul Taiwan pada akhir pekan, demikian dilaporkan SkyNews.com.au. (rol/ar)

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  

loading...