Australia Optimis Mesir akan Bebaskan Wartawannya

Konfrontasi-Menteri Luar Negeri Australia Julie Bishop pada Rabu mengatakan dia optimistik bahwa Mesir mungkin akan membebaskan Peter Greste, wartawan Australia yang dipenjara, dalam beberapa hari mendatang.

Greste dan dua rekannya dari jaringan televisi Al-Jazeera, Mohamed Fahmy yang merupakan warga Kanada keturunan Mesir dan warga Mesir Baher Mohamed --dihukum penjara tujuh tahun pada Juni karena mencemarkan nama baik Mesir dan membantu kelompok Islam yang terlarang.

Kasus itu mendapat kecaman dunia dan permintaan agar presiden memberi pengampunan karena adanya keluhan bahwa pengadilan terhadap mereka dipolitisir.

Bishop mengatakan telah berbicara dengan timpalannya dari Mesir, Sameh Shoukry pekan ini mengenai kasus tersebut dan mendesak agar Greste bisa dibebaskan untuk merayakan Natal.

"Ia mengatakan bahwa hal itu dalam pertimbangan sehingga kami berharap bahwa perwakilan kami bisa menghasilkan pembebasan Peter Greste," kata Bishop kepada Televisi Saluran Tujuh.

"Kami sudah mendapat janji tetapi belum tahu apakah pasti tetapi saya berharap, saya optimistik." Suatu persidangan di Mesir dijadwalkan untuk menggelar sidang banding ketiga wartawan itu pada Januari yang akan menentang hukuman terhadap mereka.

"Sangat menarik bila ada beberapa langkah yang diambil sebelum itu. Saya sedikit optimistik," kata Bishop.

Greste telah ditahan sejak 29 Desember tahun lalu dan sudah mengirim surat kepada para pendukungnya untuk memperingatinya.

Dalam surat itu ia mengaku bangga akan apa yang sudah dicapai sejauh ini dalam menggembleng debat politik mengenai hak kebebasan pers dan mengenai hukuman bagi wartawan di Mesir.

" Sikap kritis dan skeptis sangat diperlukan dalam tugas jurnalistik di tengah dunia yang banjir informasi," katanya.

Presiden Mesir Abdel Fattah al-Sisi sebelumnya mengatakan bahwa tahun ini ia tidak dapat mempertimbangkan pengampunan sampai proses hukum selesai, termasuk proses bandingnya.[mr/seru]

 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  

loading...