1 April 2020

Australia Kirim Pesawat Eks Pencari MH 370

Konfrontasi - Australia segera dan mencari pesawat Air Asia. Departemen Pertahanan Australia memberikan pesawat Angkatan Udara AP-3C Orion.

Pesawat ini sebelumnya telah digunakan untuk mencari pesawat Malaysia Airline MH370 di lepas pantai Australia Barat pada awal tahun ini.

Saat ini, pesawat AP-3C Orion telah diterbangkan di Bandara Darwin, Australia pada Senin pagi waktu setempat. AP-3C Orion akan ikut bergabung dalam melakukan pencarian pesawat milik AirAsia dengan pihak lainnya.

"Pesawat AP-3C Orion memiliki kemampuan dengan terbukti, baik dalam pencarian dan penyelamatan dengan memiliki radar pencarian maritim ditambah dengan teknologi infra merah dan sensor eletro optik untuk mendukung kemampuan pengamatan visual yang telah disediakan dengan awak yang terlatih," kata Marsekal Mark Binskin dilansir laman Gizmodo.com.au.

Selain itu, radar dan pengawasan elektronik yang dimiliki pesawat ini dapat mendeteksi dan mengidentifikasi target yang diinginkan dengan jarak pandang jauh lebih panjang.

Dalam AP-3C Orion dapat menampung kru hingga 13 orang mulai dari dua pilot (kapten dan co-pilot), dua isinyur penerbangan, koordinator taktis, navigator, petugas kerja sensor, dan enam analis elektronik udara.

Autralia menawarkan pengiriman pesawat AP-3C Orion ini dengan alasan dapat mendeteksi QZ8501 yang diperkirakan jatuh di bawah dasar laut, sehingga diperlukan teknologi yang dapat menunjang pencarian tersebut.

"Saat ini kami menduga bahwa pesawat berada di dasar laut," ujar Bambang Soelistyo selaku Kepala Badan SAR Nasional (BASARNAS).

Seperti diketahui, pesawat Air Asia QZ8501 terbang dari Bandara Juanda pada Minggu pagi dengan rute Surabaya-Singapura. Namun, pada pukul 07.24 WIB, pesawat tersebut hilang kontak dengan kontrol lalu lintas udara.

Adapun para penumpang yang terdapat di dalam pesawat 155 penumpang, dimana 137 penumpang dewasa, 17 penumpang anak-anak dan 1 penumpang bayi. Dalam pesawat QZ8501 terdapat pula 7 Warga Negara Asing, yakni 1 warga Singapura, 1 Malaysia, 1 Prancis, 1 Inggris, dan 3 warga Korea Selatan.

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...