Alamak, Ada Patung Vagina di Istana Versailles Prancis

KONFRONTASI-Pematung Inggris Anish Kapoor membela diri terkait karyanya yang dipamerkan di istana Versailles Prancis, yang banyak dikecam sebagai karya yang "kotor" dan "jorok".

Instalasi, yang disebut "Pojok Kotor" itu dipasang di taman di pekarangan istana.

Kapoor mengatakan dalam sebuah wawancara bahwa karya itu menggambarkan "vagina ratu yang menuju ke kekuasaan" - tetapi kemudian mengatakan karya itu terbuka untuk interpretasi.

Istana Versailles merupakan kediaman Marie Antoinette, Ratu Prancis, permaisuri Raja Louis XVI di abad ke-18.

Dalam cuitannya, Wali Kota Versailles menyebut, perupa terkemuka itu telah "tergelincir ".
Seorang turis Jerman, Dunja, mengatakan kepada Reuters: "Karya ini membingungkan: suatu vagina raksasa dan istana.

"Ini salah satu tempat paling terkenal di Paris dan saya hanya ingin mengunjunginya. Tapi saya melihat bangunan ini, patung ini, dan saya tidak tahu apa itu," ujarnya.

Wisatawan lain, Megan, dari AS, mengatakan: "Ketika Anda berpikir Anda datang ke Versailles, yang Anda harapkan adalah sebangsa karya klasik Perancis, mungkin patung besar para dewa Romawi. Tapi ini tampak jorok, kotor."

Instalasi karya perupa pemenang berbagai pengharagaan itu memunculkan berbagai kritik sekaligus pujian di Prancis.

Kapoor mengatakan karyanya "memiliki beberapa kemungkinan penafsiran," dan bahwa dalam wawancara sebelumnya ia telah salah dikutip.

"Tak pelak lagi, setiap orang pasti mengalami hal-hal terkait tubuh, seksualitas dalam level tertentu. Namun itu bukan satu-satunya," ucapnya.

Patung logam berukuran besar itu hanya merupakan bagian dari instalasi Mr Kapoor yang lebih menyeluruh yang dipamerkan di Versailles. Dia juga memasang cermin besar, dan dinding yang dilukis seakan rusak oleh tembakan meriam.

Kapoor pernah memenangkan Hadiah Turner, sebuah penghargaan seni rupa berbobot di Inggris, dan karya-karyanya telah dipamerkan di banyak negara dunia.

Ia terkenal antara lain untuk karyanya Orbital Tower di tengah Taman Olimpiade di London.
Sebelumnya, telah ada beberapa karya seni rupa terkait vagina, yang memicu kontroversi, bahkan tuntutan hukum.(bbc/pr/mr)

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA