10 December 2019

Afghanistan Kecam Pakistan Gara-gara Terima Pimpinan Taliban

KONFRONTASI-Afghanistan melemparkan kecaman keras kepada Pakistan, setelah Islamabad menerima delegasi pemimpin Taliban. Para pemimpin Taliban datang dan melakukan pertemuan dengan sejumlah pejabat Pakistan awal pekan ini.

Delegasi Taliban yang dipimpin oleh wakil ketua kelompok itu Mullah Abdul Ghani Baradar, tiba di Islamabad pada hari Rabu untuk mengadakan pembicaraan dengan para pejabat Pakistan, termasuk Perdana Menteri Imran Khan, Menteri Luar Negeri Shah Mahmood Qureshi dan kepala intelijen negara itu.

“Menjadi tuan rumah sebuah kelompok pemberontak menentang semua norma dan prinsip di antara negara-negara,” kata juru bicara kepresidenan Afghanistan, Sediq Seddiqi dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Arab News pada Sabtu (5/10/2019).

Sediqqi kemudian mengatakan bahwa kunjungan Taliban ke Islamabad tidak akan membantu proses perdamaian di Afghanistan.

"Proses perdamaian bisa efektif ketika dipimpin dan dimiliki oleh pemerintah Afghanistan dan kami tidak melihat tanda-tanda komitmen untuk perdamaian dari kelompok Taliban," katanya.

"Permintaan kami yang biasa dari Pakistan adalah untuk menghancurkan tempat aman Taliban dan teroris di negaranya dan memainkan peran positif dalam keamanan kawasan itu," tambahnya.

Pakistan adalah salah satu dari sedikit negara yang mengakui pemerintah Taliban, yang memerintah sebagian besar Afghanistan dari tahun 1996 hingga digulingkan oleh pasukan pimpinan Amerika Serikat (AS) pada akhir 2001.

Islamabad telah dituduh oleh pemerintah Afghanistan dan para pejabat AS mendukung dan memberi perlindungan kepada Taliban di wilayahnya, sebuah tuduhan yang telah dibantah keras oleh Pakistan.[mr/snd]

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...