6 Wajah Baru Isi Kabinet Singapura

KONFRONTASI-Singapura bersiap dengan pemerintahannya yang baru. Perdana Menteri Lee Hsien Loong pada Sabtu (25/7) mengumumkan susunan kabinet barunya, di mana akan terjadi perubahan pimpinan pada enam kementerian.

Tujuh anggota parlemen PAP yang baru terpilih juga telah ditunjuk sebagai pemegang jabatan politik, dengan yang tertua dalam kelompok itu, Dr Tan See Leng, 55 tahun, diangkat menjadi menteri penuh. Dia akan menjadi Menteri di Kantor Perdana Menteri, serta Menteri Kedua untuk Tenaga Kerja dan Perdagangan dan Industri.

Dalam rilis resminya, Sabtu (25/7), beberapa menteri yang harus pensiun adalah Khaw Boon Wan pensiun sebagai Menteri Koordinator Infrastruktur dan Menteri Transportasi. Begitu juga dengan Tan Wu Meng yang pensiun sebagai Sekretaris Parlemen Senior di Kementerian Luar Negeri dan Kementerian Perdagangan dan Industri.

Perdana Menteri berterima kasih kepada Khaw dan Tan atas layanan dan kontribusi mereka selama ini.

Sam Tan juga harus pensiun sebagai Menteri Negara di Kementerian Luar Negeri dan Kementerian Pembangunan Sosial dan Keluarga, tetapi PM Lee menempatkannya sebagai Ketua Unit REACH, departemen di bawah Kementerian Komunikasi dan Informasi.

Lawrence Wong akan pindah ke Kementerian Pendidikan, sementara Desmond Lee akan melepaskan perannya sebagai Menteri Pembangunan Sosial dan Keluarga untuk menggantikannya di Kementerian Pembangunan Nasional.

Ong Ye Kung akan pindah dari Departemen Pendidikan untuk memimpin Kementerian Transportasi, yang sebelumnya dipimpin oleh Khaw.

PM Lee menambahkan bahwa Kementerian Lingkungan Hidup dan Sumber Daya Air telah mengalami perubahan nama, dan sekarang dikenal sebagai Kementerian Keberlanjutan dan Lingkungan untuk lebih mencerminkan perannya di masa depan. Ini akan dipimpin oleh Ms Grace Fu.

Masagos Zulkifli yang sebelunya di kementerian tersebut, pindah dan memimpin Kementerian Pembangunan Sosial dan Keluarga.

Wakil Perdana Menteri dan Menteri Keuangan Heng Swee Keat akan mengambil peran tambahan sebagai Menteri Koordinator Kebijakan Ekonomi.

Dua mantan menteri senior negara juga telah dipromosikan. Mr Edwin Tong menggantikan Ms Fu sebagai Menteri Kebudayaan, Komunitas dan Pemuda, sementara Dr Maliki Osman adalah Menteri di Kantor Perdana Menteri serta Menteri Kedua untuk Pendidikan dan Luar Negeri.

Situasi suram yang dihadapi Singapura saat ini memberikan pengalaman dan sentuhan yang pasti, kata Lee, dalam konferensi pers yang disiarkan langsung di Facebook, Sabtu (25/7).

"Saya menggilir para menteri, terutama yang lebih muda, untuk mendapatkan paparan dan pengalaman," terang Lee.

Ia mengatakan pergantian ini dilakukan secara teratur tujuannya adalah untuk mengekspos para pemegang jabatan ke berbagai portofolio untuk mendapatkan pengalaman yang lebih luas lagi.

Wajah-wajah baru lainnya yang telah ditunjuk sebagai Menteri Negara adalah Tuan Alvin Tan, Desmond Tan dan Kiat How.

Sementara, anggota parlemen baru Eric Chua diangkat sebagai Sekretaris Parlemen.

Alex Yam dan Mohd Fahmi Aliman juga telah ditunjuk sebagai walikota masing-masing dari wilayah Barat Laut dan Tenggara. (mr/rm)

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  

loading...