10 December 2019

Tips agar Kopi Tak Picu Masalah Dalam Perut

KONFRONTASI-Minum kopi saat perut kosong tak cuma memengaruhi kondisi fisik saja, khususnya pencernaan, tetapi hal tersebut juga memengaruhi kesehatan mental. Kelebihan produksi asam dalam perut ternyata bisa menyebabkan perubahan suasana hati, kegugupan, detak jantung meningkat, dan gemetar. 

Supaya Anda terhindar dari efek tersebut plus agar perut tak bergejolak, dr. Reza Fahlevidari KlikDokter punya tips minum kopi secara aman yang patut untuk dicoba.

1. Pilih biji dark roast

Biji kopi yang dipanggang lebih lama mengandung N-methylpyridinium (NMP) yang lebih banyak. Senyawa tersebut ini merupakan kandungan dalam kopi yang memiliki efek berlawanan dengan kafein dan catechol, sehingga dapat mengurangi risiko peningkatan asam lambung yang signifikan. 

2. Pilih kopi decaf

Kopi decaf adalah kopi dengan kandungan kafein yang rendah. Kopi biasa mengandung sekitar 85 mg kafein per cangkir, sedangkan kopi decaf mengandung 3-15 mg kafein per cangkir. Jadi, kopi decaf lebih aman bagi lambung.

3. Pilih jenis kopi cold brew

Kopi cold brew tidak dibuat dengan air panas, melainkan dengan perendaman dalam waktu yang lama menggunakan air biasa atau dingin. Cara ini membuat kandungan zat iritan dalam kopi lebih rendah dibandingkan dengan cara penyeduhan biasa, sehingga lebih bersahabat dengan lambung.

4. Tambahkan susu

Konsentrasi kafein dan catechol juga dapat dikurangi dengan menambahkan susu.

5. Makan dulu sebelum ngopi!

Banyak yang mengalami nyeri perut hanya karena minum kopi saat perut kosong alias belum makan. Jadi sebaiknya, makan dulu sebelum minum kopi! Anda tak harus makan besar (nasi beserta lauk pauknya) sampai kenyang. Setidaknya makanlah biskuit atau makanan lainnya sebelum (dan sembari) minum kopi.

Itulah sejumlah alasan mengapa minum kopi saat perut kosong tidak disarankan, karena bisa berbahaya bagi kesehatan. Apalagi jika Anda sudah punya masalah pencernaan seperti mag atau GERD, atau sedang dalam kondisi stres berat atau depresi. Makanlah terlebih dulu sebelum ngopi, sehingga manfaatnya bisa lebih terasa dan kopi tetap bisa menjadi penyelamat Anda kala kantuk menyerang dan butuh konsentrasi tinggi.[mr/jpnn]

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...