Serabi Bandung Bikin Ketagihan

Konfrontasi - Serabi atau biasa disebut Surabi terbuat dari tepung terigu, telur, air kelapa yang di aduk dan dipanggang di cetakan kue Serabi, ini merupakan jajanan pasar tradisional yang berasal dari Indonesia.

Ada dua jenis serabi Bandung yaitu Serabi manis yang menggunakan kinca dan Serabi asin dengan taburan oncom yang telah dibumbui di atasnya. Di Bandung, Serabi biasa di jajakan di pagi hari dan dimask menggunakan tungku (kompor yang menggunakan arang) sehingga menghasilkan rasa yang khas.

Seiring dengan perkembangan zaman, banyak yang terus berinovasi dengan menambahkan berbagai topping diatasnya, seperti sosis, keju, ice cream, ataupun mayones yang bertujuan untuk mematahkan asumsi bahwa Serabi adalah makanan yang terkesan rendahan. Dan saat ini Serabi banyak dijual di kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung dan Bogor.

Selain Serabi Bandung, ada juga Serabi Solo. Serabi Solo terbuat dari tepung beras yang dicampur dengan santan dan digoreng di atas arang. Jajanan khas Solo bercitarasa gurih, biasanya diberi taburan berupa potongan pisang, nangka, atau bahkan meses dan keju bila suka. Serabi Solo ini berasal dari daerah Notokusuman, oleh karenanya serabi ini lebih dikenal sebagai Serabi Notosuman.  

(Ary)

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA