Penderita Diabetes Jangan Takut Minum Susu, Ini Kata Ahli

Konfrontasi - Semua tahu dong jika susu merupakan salah satu minuman sehat untuk tubuh. Susu juga bukan hanya sekedar diminum saja. Tapi juga bisa dicampur dengan produk makanan lain, bahkan bisa juga dipakai pada produk kecantikan. Produk olahan susu juga sangat beragam varian, mulai dari keju sampai produk sabun perawatan kulit.

Susu memang memiliki manfaat yang tinggi utamanya untuk memenuhi kebutuhan gizi tubuh. Kandungan kalsium pada produk susu dan olahannya sangat baik bagi pertumbuhan tulang dan gigi.

Prof Dr drh Mirnawati, dosen IPB University yang merupakan ahli di bidang higiene susu juga mengungkapkan susu olahan memiliki manfaat bagi tubuh.

“Susu memiliki manfaat yang tinggi bagi tubuh. Konsumsi susu dapat memenuhi kebutuhan kalsium dan zat lain untuk pertumbuhan.”

“Produk susu dan olahannya sangat mudah kita temui di sekitar kita. Namun sebagian masyarakat masih menganggap susu sebagai barang yang mewah,” ungkapnya.

Hal tersebut ia ungkapkan melalui kegiatan seminar daring yang diselenggarakan IPB University dan Perhimpunan Istri Dokter Hewan Indonesia serta Kongres Wanita Indonesia (Kowani) pada (6/8/2020).

Bukan hanya itu saja, kini produk olahan susu yang paling banyak ditemui salah satunya yakni keju.

“Keju keras membutuhkan waktu pematangan lebih lama. Proses pematangan keju edam dan mozarela butuh waktu lebih lama, sehingga rasanya lebih gurih dan menyenangkan.”

“Tentu saja dengan kandungan gizi yang lebih tinggi. Bahkan ada beberapa jenis keju yang sengaja ditambah dengan zat gizi yang lainnya,” tambahnya.

Ets bukan hanya itu saja, memang masih banyak masyarakat yang belum tahu ternyata susu sebenarnya boleh diminum bagi para penderita diabetes.

“Orang diabetes boleh minum susu, yang ditakutkan adalah kandungan gulanya. Penderita diabetes boleh minum susu selama tidak menggunakan gula. Opsinya bisa minum susu segar atau susu pasteurisasi yang tidak ada gulanya.”

“Selain itu usahakan susu yang dikonsumsi juga tidak memilki kandungan lemak yang tinggi agar lebih aman. Hal ini tidak perlu ditakutkan,” imbuhnya.

Asalkan memilih susu yang tidak ada gula maka minuman ini bisa menambah kesehatan lansia dan bagi para penderita diabetes. (pjk1/mg)

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  

loading...