Nih, Seni Mencampur Rempah-rempah ke Dalam Masakan

KONFRONTASI-Cita rasa masakan Indonesia dikenal sangat khas dengan bumbu rempah-rempahnya. Banyak koki dari luar negri yang memborong berbagai macam rempah-rempah dari Indonesia agar cita masakan mereka semakin kuat.

Ternyata penggunaan rempah-rempah terhadap masakan, kadang tidak memperhatikan baik atau tidaknya bagi kesehatan. Yang jelas adalah, herbal terutama rempah-rempah memegang peranan penting dalam kehidupan manusia dalam keseharian.

Demikian dilansir dari laman Naturalnews.com, ahli masakan internasional, Annie Berthold Bond mengatakan, “Salah satu rahasia membedakan diri sebagai juru masak yang baik adalah mengetahui bagaimana menggunakan bumbu dan rempah-rempah secara benar. Ketika digunakan dengan baik, tumbuh-tumbuhan dan rempah-rempah dapat ‘menyilaukan’ selera, dan meningkatkan semua rasa dalam makanan,” paparnya.

Semua bumbu rempah yang telah dibuat untuk masakan ditujukan agar kita mengurangi pemakaian garam, gula dan sasa. Membuat rasa sama dan tetap terasa gurih. Selain itu, perlu diketahui bahwa bumbu masakan, banyak tumbuh-tumbuhan mengandung jumlah tinggi bahan aktif dan antioksidan, yang bermanfaat untuk melindungi tubuh terhadap penyakit tertentu.

Berikut, panduan ramuan rempah yang bisa membantu Anda tentang rempah yang cocok untuk masakan favorit Anda.

1. Daging : Seledri, ketumbar, rosemary, oregano, dan bawang putih.

2. Ayam : bawang putih, Marjoram, tarragon, Oregano, Ketumbar

3. Ikan :mustard, Oregano, Sage, Ketumbar, Laga, rosemary

4. Babi : Marjoram, Mustard, Oregano, Sage, bawang putih

5. Roast Beef : Basil, Oregano, rosemary, bawang putih

Sekedar informasi, jangan mencampurkan dua herbal yang mengandung cita rasa yang kuat. Dan, jangan terlalu sering menggunakan herbal. karena menambahkan secara berlebihan dari herbal dapat ‘membunuh’ nafsu makan Anda. Terlebih jika masakan terlalu matang, dapat menhilangkan rasa masakan tersebut.[mr/aktual]

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA