21 August 2018

Mengapa Kurma Bagus Untuk Buka Puasa? Jawaban Dokter.

KONFRONTASI -  Ketika puasa, kurja sering menjadi menu yang selalu ada saat buka. Salah satu alasanya kemungkinan adalah meniru kebiasaa nabi muhammad Saw yang berbuka dengan buah kurma. Selain itu berbuka dengan buah kurma juga sesuai dengan anjuran supaya memakan makanan yang manis dulu.

Kenapa Kurma Bagus Untuk Buka Puasa? Ini Jawaban Dari Para Dokter.

Kenapa Kurma Bagus Untuk Buka Puasa? Ini Jawaban Dari Para Dokter. Image [source]

 

Kebiasaan berbuka puasa dengan kurma ini ternyata sejalan juga lho dengan ilmu kesehatan. Penasaran kan kenapa kurma itu baik untuk dimakan saat buka puasa dari segi dunia kesehatan? Kalau soal kesehatan tentu dokterlah yang lebih tahu. Dilansir dari situs dokter[dot]id ini lho beberapa alasan kenapa kurma itu bagus untuk berbuka puasa.

1. Kurma Baik Untuk Buka Puasa Karena Mengandung Banyak Gula.

Kurma Baik Untuk Buka Puasa Karena Mengandung Banyak Gula.

Kurma Baik Untuk Buka Puasa Karena Mengandung Banyak Gula. Image [source]

Puasa seharian, tentu kita kekurangan energi karena tidak mendapatkan asupan gula sedikitpun. Nah kurma ini mengandung jenis glukosa yang mudah berubah menjadi fruktosa. Fruktosa ini lebih mudah di serap oleh darah. Dengan memakan buah kurma kita lebih cepat mendapat suplai energi.

2. Buah Kurma Bagus Untuk Buka Puasa Karena Mengandung Serat.

Buah Kurma Bagus Untuk Buka Puasa Karena Mengandung Serat.

Buah Kurma Bagus Untuk Buka Puasa Karena Mengandung Serat. Image [source]

Kurma mengandung serat pektin yang jumlahnya lebih banyak daripada buah buahan lain. seperti kita tahu, saat puasa kita sering mengalami gangguan pencernaan. Nah serat pada kurma ini bagus buat usus. Selain itu serat pada kurma juga bisa menjadi probiotik yaitu untuk menopang pertumbuhan bakteri bakteri baik di dalam saluran pencernaan kita. probiotik alami siapa yang enggak mau?

3. Makan Tiga Butir Buah Kurma Cukup Untuk Mengisi Kebutuhan Energi Sementara.

Makan Tiga Butir Buah Kurma Cukup Untuk Mengisi Kebutuhan Energi Sementara.

Makan Tiga Butir Buah Kurma Cukup Untuk Mengisi Kebutuhan Energi Sementara. Image [source]

Kurma merupakan buah yang cukup praktis. Hanya dengan memakan 100 gram buah kurma atau setara dengan 3 butir saja, kita sudah dapat 5 persen dari kebutuhan energi kita. cukuplah untuk aktivitas sholat magrib dulu. Baru nanti disambung dengan makan besarnya.

4. Kurma Memiliki Banyak Kandungan Zat Zat Penting Bagi Tubuh.

Kurma Memiliki Banyak Kandungan Zat Zat Penting Bagi Tubuh.

Kurma Memiliki Banyak Kandungan Zat Zat Penting Bagi Tubuh. Image [source]

Dalam sebutir buah kurma itu ada kandungan zat besinya, tembaga, kalium, magnesium, manggan, vitamin b6asam pentatonat, riboflavin, serta niacin. Selain itu kurma juga mempunyai kandungan vitamin A, K, karoten, lutein serta serat. Kurma menjadi makanan berbuka puasa yang ideal karena membreikan banyak nutrisi nutrisi penting seperti diatas.

5. Ada Kandungan Zat Anti Kankernya Yaitu Selenium.

 Ada Kandungan Zat Anti Kankrnya Yaitu Selenium.

Ada Kandungan Zat Anti Kankrnya Yaitu Selenium. Image [source]

Pada penelitian yang dilakukan pada tahun 2003, di ketahui bahwa kurma itu mengandung zat anti kanker yang disebut dengan selenium. Artinya jika sering sering makan kurma, maka resiko terserang penyakit kanker akan mengecil. Untuk mendapatkan manfaat dari zat anti kanker selenium yang ada pada buah ini kamu enggak perlu makan banyak banyak kok. Cukup 3 butir buah kurma sehari saja.

Itulah manfaat kurma dari segi kesehatan. Kurma bisa jadi sebagai pengganti dari suplemen atau minuman berenergi. Jadi dari pada meminum minuman berenergi serta suplemen yang justru berbahaya bagi hari lebih baik teruskan saja mengkonsumsi 3 butir kurma setiap hari seperti waktu kita buka puasa di bulan puasa.(Jft/Iyakan)

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


loading...