21 November 2019

Kuliner yang Harus Kamu Cicipi di Semarang

KONFRONTASI-Tidak lengkap rasanya jika kamu bepergian tanpa menikmati kuliner khas dari kota tersebut. Semua kota pasti memiliki kuliner khas yang dijamin mampu menggoyang lidahmu, termasuk Kota Semarang. Ibukota Jawa Tengah ini tidak hanya menawarkan keragaman destinasi wisata yang menarik, tapi juga makanan khas yang akan membuatmu gagal diet. Akses menuju ke Semarang pun sangat mudah. Kamu bisa langsung cek pilihan travel bus di situs Traveloka.com yang memiliki harga terjangkau.

Di setiap sudut Semarang, kamu bisa dengan mudah menemukan berbagai kuliner otentik yang sudah melegenda. Penasaran kuliner apa saja yang harus kamu cicipi saat berkunjung ke Semarang? Simak di sini.

1. Tahu Gimbal

Mengingat posisi Semarang yang terletak di pesisir utara Jawa, tidak lengkap rasanya jika tidak mencicipi makanan berbumbu petis seperti di Surabaya, Lamongan dan Tuban. Di Semarang, makanan dengan bumbu petis yang terkenal adalah tahu gimbal.

Tahu gimbal berisi potongan lontong, bakwan udang (gimbal), irisan kol dan tauge yang disiram dengan saus kacang berbumbu petis. Rasanya merupakan perpaduan antara manis, gurih dan asin yang nikmat.

2. Burung Belibis

Olahan bebek dan ayam goreng sudah menjadi hal yang lumrah ditemui di wisata kuliner kota-kota di Indonesia. Namun pernahkah kamu mendengar tentang hidangan olahan burung? Di Kota Semarang kamu bisa menemukan berbagai macam olahan burung, salah satunya adalah burung belibis. Secara tekstur tidak jauh beda dengan ayam, namun lebih empuk karena dimasak dengan api kecil dalam waktu yang lama. Bumbunya pun bervariasi dapat dipilih sesuai selera yang kamu inginkan.

3. Nasi Gandul

Meski sejatinya kuliner ini berasal dari Kota Pati, tetapi rasanya yang luar biasa telah membuat hidangan nasi gandul menyebar ke kota-kota lain termasuk Semarang. Secara penampilan, nasi gandul ini mirip dengan nasi yang diberi kuah gulai sapi. Namun dengan rasa yang berbeda. Kuah gulai yang disebut kuah gandul ini disiramkan ke nasi panas dan disajikan dengan lauk pilihan yang disediakan seperti babat, ati, paru, dan lidah.

4. Nasi Ayam

Jika di Jogja ada nasi gudeg, di Solo ada nasi liwet, maka di Semarang ada nasi ayam. Nasi dengan kuah kuning opor ini dilengkapi sayur labu yang manis, suwiran ayam kampung serta telur, tahu dan krecek berbumbu khas. Kamu pun bisa memilih tambahan lauk seperti sate telur, sate usus, dan bagian lain dari ayam seperti dada, paha dan sayap. Bumbu santan dan rempahnya membuat nasi ayam ini menjadi gurih dan tak terelakkan kelezatannya.

5. Lumpia Semarang

Sebetulnya lumpia dari Kota Semarang tidak berbeda jauh dengan lumpia dari kota lain. Lumpia Semarang ini dari luar memang terlihat sama seperti lumpia pada umumnya. Lumpia pada umumnya hanya menggunakan rebung atau sayuran seperti wortel, kecambah, dan kubis. Namun pada Lumpia Semarang  ini yang berbahan dasar, rebung, daging ayam/udang ebi dan telur. Rebung atau bambu muda ini merupakan bambu muda pilihan, sehingga memiliki tekstur yang empuk dan renyah saat dimakan.

Itulah beberapa kuliner di Kota Semarang yang wajib kamu cicipi. Selain kulineran, kamu juga bisa menikmati berbagai destinasi wisata seperti, Lawang Sewu, Gereja Blenduk, dan Masjid Agung Jawa Tengah.

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...