17 November 2019

Konsumsi Minyak Zaitun Bisa Tingkatkan Kecerdasan Otak

KONFRONTASI -  Banyak orang menggunakan minyak zaitun semata-mata hanya untuk kesehatan kulit dan kecantikan. Namun, minyak zaitun ternyata memiliki khasiat lain yakni mampu memberi nutrisi bagi otak.

Sebuah penelitian di Lewis Katz School of Medicine di Temple University (LKSOM) telah mengidentifikasi ramuan khusus yang mampu melindungi seseorang dari penurunan daya ingat yaitu minyak zaitun.

Lewat sebuah penelitian yang diterbitkan di Annals of Clinical and Translational Neurology, para periset menemukan bahwa konsumsi minyak zaitun mampu melindungi memori, meningkatkan kemampuan belajar serta mengurangi pembentukan plak.

“Kami menemukan bahwa minyak zaitun mengurangi peradangan otak. Namun yang terpenting juga mengaktifkan proses yang dikenal sebagai autophagy,” kata Profesor Center for Translational Medicine di LKSOM, Domenico Praticò, MD.

Autophagy adalah proses pemeliharaan di dalam tubuh yang digunakan untuk mengidentifikasi dan membuang bagian sel yang rusak. Kurangnya autophagy disebut-sebut sebagai penyebab penumpukan sel rusak dan penuaan dini.

“Sel otak dari tikus yang diberi makanan dengan minyak zaitun memiliki kadar autophagy yang lebih tinggi dan kadar plak amiloidnya berkurang,” imbuhnya.

Selain itu, menurut penelitian dari University of Illinois, asam lemak yang terdapat pada minyak zaitun memiliki keterkaitan dengan kecerdasan otak seseorang. Studi ini dilakukan terhadap 99 orang dewasa dengan membandingkan pola nutrisi asam lemak yang ditemukan pada sampel darah.

Hasil penelitian yang dipublikasikan di jurnal Neurolmage ini menemukan bahwa, kecerdasan otak dikaitkan dengan jaringan perhatian dorsal otak. Jaringan ini memainkan peran sentral untuk menuntut perhatian dan pemecahan masalah sehari-hari.

Studi ini menemukan bahwa, mereka yang memiliki kadar asam lemak tak jenuh yang tinggi, memiliki jaringan otak yang lebih efisien. Temuan ini menunjukkan bahwa asam lemak dapat memengaruhi kecerdasan seseorang.

“Ini penting karena jika kita ingin mengembangkan nutrisi yang efektif dalam meningkatkan kinerja kognitif, kita perlu memahami cara-cara nutrisi ini mempengaruhi fungsi otak,” kata Aron Barbey penulis utama di studi ini.

Dalam studi ini, peneliti mengupas hubungan antara kelompok asam lemak dan jaringan otak yang mendasari kecerdasan. Dengan demikian, peneliti berusaha untuk memahami apakah jaringan otak memediasi hubungan antara asam lemak dan kecerdasan.

Memiliki otak yang cerdas disertai tubuh yang sehat tentu merupakan idaman semua orang. Untuk mewujudkan semua ini, tak ada salahnya Anda mengonsumsi minyak zaitun sebagai salah satu nutrisi yang mampu memberikan kesehatan otak secara maksimal.(Jft/KlikDokter)

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...