23 August 2019

Daging Merah Ternyata Juga Bisa Picu Kanker

KONFRONTASI-Berbagai mitos seputar kanker masih menyelimuti masyarakat akibat kurangnya pemahaman dan edukasi yang tepat mengenai penyakit tersebut.

Mitos-mitos yang beredar di antaranya, bahwa penggunaan MSG bisa menyebabkan kanker. Informasi keliru lainnya, yang juga sering disebut menyebabkan kanker, ialah ketika tanpa sengaja memakan serpihan arang pada saat membakar daging.

Prof Dr dr Aru Wisaksono Sudoyo, Sp PD-KHOM selaku Ketua YKI dan Ketua Perhimpunan Onkologi Indonesia, menegaskan bahwa hal tersebut adalah keliru dan tidak benar. Aru menjelaskan, pemicu kanker bukanlah arang, melainkan daging merah yang dipanaskan pada suhu tertentu.

"Daging (sapi) merah kalau dipanggang jadi arang, artinya dipanasi suhu tinggi dan menghasilkan zat kimia heterocyclic amines yang bisa memicu kanker," kata Aru seperti dilansir VIVA.co.id baru-baru ini.

Sementara itu, daging lainnya, seperti daging ayam dan ikan yang dipanaskan pada suhu tertentu, sejauh ini cukup aman dan belum terbukti memicu kanker. Dan, untuk daging merah yang dimasak dengan cara lain, seperti direbus, juga tidak ada kaitan langsung dengan kanker.

"Yang perlu diperhatikan itu cara memasak, waktu dan suhu," kata Aru menambahkan.

Selain itu, Aru kembali memperingatkan, bukan hanya daging merah saja yang bisa menjadi pemicu, daging lainnya juga bisa menjadi pemicu ketika dibuat daging olahan.

"Jadi, daging yang diolah sosis ayam, ham, pun juga berisiko (kanker)," kata dia.[mr/viva]

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...