17 October 2018

Benarkah Minum Air Garam Baik untuk Kesehatan?

KONFRONTASI-Sejumlah penilitian mengklaim bahwa minum minuman bercampur garam alami bisa membersihkan tubuh dari racun dan meningkatkan tingkat energi, sementara yang lain lebih skeptis tentang manfaat yang seharusnya.

Pendiri Practical Nontoxic Living, Sophia Gushée, baru-baru ini memutuskan untuk menguji minuman tersebut selama seminggu.

Gushée melaporkan bahwa meminum minuman yang dimaksud membantu membersihkan kulitnya, meningkatkan kualitas tidurnya dan memacu dia untuk menjalani gaya hidup yang lebih sehat.

Tapi ahli gizi Harley Street, Rhiannon Lambert, tidak yakin dengan tren ini, apalagi manfaatnya membersihkan tubuh.

"Seringkali kita dibingungkan oleh 'tren' baru yang kita lihat di internet, dan ini tampaknya menjadi salah satu yang muncul bahwa kita mungkin perlu berhati-hati," katanya kepada The Independent.

"Penelitian menunjukkan bahwa garam dalam jumlah sedang bisa bermanfaat untuk mengatur tekanan darah. Namun, terlalu banyak garam bisa menyebabkan tekanan darah tinggi," kata Lambert, seperti dilansir laman Independent, Senin (30/7).

Sementara Lambert menegaskan bahwa perlu mengonsumsi sejumlah kecil garam sebagai bagian dari diet yang lengkap, dia juga menyatakan bahwa penelitian tentang bagaimana minum air asin bisa membantu hal-hal seperti masalah pencernaan.

Ahli nutrisi Frida Harju-Westman berkeyakinan bahwa satu-satunya bisa bermanfaat ketika garam alami yang benar digunakan, bahkan Harju-Westman menyatakan bahwa itu bisa bekerja sebagai antihistamin bagi penderita hayfever. Namun, peningkatan asupan garam dalam bentuk ini bisa menyebabkan dehidrasi.

Untuk menghindari ini, pastikan bahwa Anda tidak minum lebih dari satu gelas per hari dan pastikan untuk minum banyak air," saran Harju-Westman.[mr/jpnn]

Tags: 
Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...