22 July 2018

Bagar Hiu dan Tempoyak, Menu Favorit Buka Puasa Warga Bengkulu

KONFRONTASI-Bagar hiu dan tempoyak atau sambal berbahan durian fermentasi menjadi favorit warga Kota Bengkulu sebagai hidangan berbuka puasa.

"Banyak yang beli tempoyak dan bagar hiu karena makanan ini memang enak dan sesuai lidah masyarakat Bengkulu," kata Nuraini, salah seorang penjual makanan berbuka di pusat kuliner Pasar Barukoto, Kamis.

Ia mengatakan gulai tempoyak dapat dipadu dengan berbagai bahan seperti ikan nila, ikan mas hingga udang.

Sedangkan bagar hiu, merupakan gulai berbahan dasar anak ikan hiu yang dimasak sedemikian rupa dan cukup jarang ditemui di rumah-rumah makan di daerah itu.

Secara fisik, gulai bagar hiu mirip dengan rendang tapi kuah bagar hiu tidak menggunakan santan yang menjadi salah satu bahan utama membuat rendang, melainkan terbuat dari kelapa yang disangrai.

Pantauan di beberapa pusat kuliner, pada hari pertama Ramadhan, warga memadati lokasi yang menjual makanan berbuka puasa.

"Sudah biasa membeli lauk untuk berbuka puasa karena tidak sempat lagi memasak," kata Helmiati, seorang pembeli di pusat kuliner Padang Harapan.

Ia mengatakan profesinya sebagai pegawai negeri sipil (PNS) di salah satu kantor pemerintahan membuat dirinya tidak sempat memasak untuk menyiapkan hidangan buka puasa bagi anggota keluarga.

Menu yang dipilih Helmiati cukup beragam mulai dari air buah kelapa yang dipersiapkan sebagai minuman pemecah puasa, hingga berbagai gulai khas daerah itu untuk hidangan makan malam.

"Air kelapa murni saja untuk pembuka, karena biasanya di rumah bisa juga disiapkan teh dingin," ucapnya.

Sedangkan untuk hidangan makan malam, Helmiati memilih gulai tempoyak atau fermentasi buah durian yang dijadikan sambal ikan nila yang menjadi kegemaran suami dan tiga anaknya.

Sayur tumis pare dicampur udang-udang kecil menjadi tambahan menu untuk menambah nafsu makan.

Lain lagi dengan Ernawati yang memilih membeli makanan di pusat kuliner karena beragam menu yang tersedia dan sesuai dengan selera anggota keluarganya.

"Ada banyak pilihan menu jadi bisa menambah selera makan anggota keluarga yang berpuasa," katanya.

Selain pusat kuliner Padang Harapan, beberapa pusat jajanan berbuka puasa lainnya juga terlihat dipenuhi pembeli.

Beberapa lokasi yang dipadati warga antara lain pusat kuliner Pasar Barukoto, Pasar Minggu, kawasan Padangjati dan Pasar Panorama.[mr/ant]

Category: 
Loading...