Asyik, Pagi-pagi Minum Kopi Manis Tanpa Gula di Kutacane, Aceh Tenggara

KONFRONTASI -   Bagi penikmat kopi, Indonesia adalah surganya kopi. Beraneka ragam kopi khas Indonesia yang sudah mendunia dan dikenal dengan kenikmatannya yang tiada tara.

Sebut saja kopi luwak, kopi gayo, dan masih banyak lainnya yang merupakan kopi khas dari negara kepulauan terbesar ini. Namun, kali ini ada satu lagi kopi yang mesti diketahui oleh penikmat kopi.

Kopi biasanya perlu ditambahkan sedikit gula untuk menambahkan kenikmatan dalam meminum kopi atau istilahnya 'menyeruput' kopi tersebut. Berbeda kopi Aren khas Aceh Tenggara ini tak perlu ditambah gula di dalamnya karena kandungan airnya sudah manis berasal dari aren.

Hasil gambar untuk Maps Kutacane

Kopi ini merupakan salah satu minuman khas dari Kutacane, Kabupaten Aceh Tenggara, minuman ini dibuat dengan memadukan air seduhan biji kopi dengan air nira.

Disinalah keunikannya, kopi ini tidak perlu menggunakan gula pabrik sebagai pemanisnya, sehingga bagi yang mempunyai penyakit diabetes yang menjadi penyakit nomor tiga membunuh masyarakat Indonesia ini tak perlu khawatir lagi karena pemanisnya berasal langsung dari pohon aren yang sehat.

Anta (25), salah seorang penikmat kopi mengatakan, kopi aren ini punya khas tersendiri. Rasanya, sangat berbeda dengan kopi luwak, kopi late, "white kopi", atau kopi dengan jenis apa pun.

Kopi aren, lanjutnya, punya kenikmatan yang fantastis bagi masyarakat setempat, atau para pengunjung yang secara khusus mencari minuman tersebut.

"Warga di sini (Aceh Tenggara), telah lama mengenal kopi aren. Sampai masyarakat Suku Alas di Aceh Tenggara punya cerita sendiri tentang muasal pohon aren," terangnya.

Hasil gambar untuk kopi kuta cane

Ditemani cuaca Indonesia yang sejuk ditambah banyaknya pemandangan yang indah yang dimiliki Indonesia sangat cocok memang bagi penggila kopi dunia untuk singgah menikmati kopi Indonesia. Tentu, sebagai pemiliknya masyarakat Indonesia pun perlu menikmati kopi yang nikmat khas negaranya sendiri.(Jft/Arah.com)

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  

loading...