Anda Penyuka Kopi? Ini 11 Manfaat Minum Kopi untuk Kesehatan, Dapat Mencegah Diabetes

KONFRONTASI -   Minum kopi sudah menjadi bagian tradisi masyarakat Indonesia. Apalagi, Indonesia merupakan salah satu negara produsen kopi terbesar di dunia. Manfaat minum kopi ternyata sangat banyak bagi kesehatan.

Kopi dipercaya bisa membangkitkan semangat positif dalam tubuh seseorang. Dengan kebiasaan anak muda yang nongkrong sekalian minum kopi sekarang ini, membuat berkumpul bersama teman teman menjadi lebih bermanfaat tidak hanya pada kesehatan mental, juga dalam menjaga kesehatan tubuh.

Tidak hanya kesehatan tubuh, manfaat minum kopi juga bisa menjaga kesehatan kulit wajah untuk kecantikan. Dengan Indonesia yang merupakan salah satu negara penghasil kopi terbesar di dunia, tidak sulit rasanya menemukan kopi dengan segala manfaatnya tersebut.

Biasanya orang minum kopi pada pagi hari setelah bangun tidur atau saat sedang menikmati waktu senggang. Bahkan, ada yang terbiasa minum kopi lebih dari segelas setiap hari. 

Berikut ini Bola.com merangkum dari berbagai sumber, Jumat (31/1/2020), tentang manfaat minum kopi.


1. Menurunkan Berat Badan

 

Manfaat Melon

Bantu Menurunkan Berat Badan / Sumber: iStockphoto

Manfaat minum kopi yang pertama yaitu menurunkan berat badan. Bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan atau sedang diet, dapat mencoba minum kopi secara rutin tentunya dengan takaran yang pas.

Biji kopi disebutkan memiliki senyawa bernama klorgenat dan kafein yang bisa menurunkan berat badan. Jadi dengan manfaat minum kopi ini, Anda bisa menambahkan kopi ke dalam program dietmu.

2. Mengurangi Tingkat Stres dan Depresi

 
Kopi
Minum kopi. (Kikovic/shutterstock)

Kopi merupakan salah satu minuman yang bisa menghilangkan stress dan depresi. Saat sedang merasakan depresi karena pekerjaan maupun deadline tugas Anda bisa merasakan manfaat minum kopi di sini.

Oleh karena itu, sekarang ini banyak warung kopi yang buka dan laris dikunjungi oleh orang orang. Selain dapat berkumpul dan melupakan penat pekerjaan maupun tugas, orang orang tersebut bisa juga merasakan manfaat minum kopi untuk meredakan stress dan depresi.

Dengan membuat secangkir kopi hangat, Anda bisa merasakan perasaan rileks dan lebih bersemangat dalam melanjutkan aktivitas.

3. Memperkuat Tulang

 
[Bintang] Ilustrasi Minum Kopi
Ilustrasi minum kopi. (Sumber Foto: Shutterstock/The List)

Memperkuat tulang bisa dilakukan dengan mengonsumsi susu secara teratur yang kaya akan kandungan kalsium. Tetapi ternyata tidak hanya susu saja yang mengandung kalsium, kopi juga mengandung kalsium, yang merupakan salah satu manfaat minum kopi untuk memperkuat tulang.

Dengan mngonsumsi kopi yang juga mengandung kalsium, tulang Anda akan kuat dan tidak mudah keropos.

4. Meningkatkan Produktivitas

Banyak orang tentunya sudah menjadikan kopi sebagai temannya dalam mengerjakan tugas atau bekerja di malam hari. Hal ini karena manfaat minum kopi salah satunya adalah meningkatkan produktivitas.

Dengan kandungan kafein yang tinggi, kopi dapat mengirim efek stimulant pada saraf pusat yang ada di dalam tubuh, sehingga membuat Anda menjadi lebih produktif.

5. Dapat Mencegah Diabetes

 
Penderita Diabetes Mellitus Rentan Terkena Infeksi Ini (Rawpixel-com/Shutterstock)
Ilustrasi Penderita Diabetes Mellitus. (Rawpixel-com/Shutterstock)

Penyakit diabetes umumnya terjadi karena pola hidup dan pola makan yang tidak sehat. Ternyata manfaat minum kopi juga bisa dirasakan untuk mencegah diabetes.

Oni tentunya harus dilakukan dengan takaran yang pas serta diimbangi dengan olahraga yang teratur. Selain itu Anda juga harus menjaga pola makan menjadi teratur terlebih dahulu untuk mencegah diabetes ini. 

6. Terhindar dari Penyakit Stroke

Bila mengonsumsi kopi secara rutin setiap harinya, itu bisa membuat kemungkinan Anda terserang penyakit stroke 20 persen lebih rendah dari pada orang yang tidak mengonsumsinya.

Manfaat minum kopi satu ini tentunya sangatlah besar, karena stroke adalah penyakit yang sangat mematikan.

7. Meningkatkan Metabolisme dalam Tubuh

Semua jenis makanan dan minuman yang dikonsumsi dalam takaran yang pas, tentunya akan berdampak positif bagi tubuh bukan? Salah satunya kopi, jika kopi dikonsumsi secra teratur dan takarannya pas, maka kopi bisa meningkatkan metabolisme dalam tubuh.

Jika metabolisme dalam tubuh lancar maka lemak-lemak jahat yang ada di dalam tubuh akan hilang dengan sendirinya.

8. Meningkatkan Daya Ingat

 
manfaat kopi hangat
Minum kopi hangat./Copyright shutterstock.com

Manfaat minum kopi selanjutnya adalah bisa meningkatkan daya ingat seseorang. Tidak bisa dimungkiri, bila usia seseorang bertambah maka daya ingatnya juga akan semakin berkurang.

Mengonsumsi kopi merupakan salah satu cara yang paling baik dan aman untuk meningkatkan kembali daya ingat.

9. Meredakan Sakit Kepala

 
sakit kepala anemia
ilustrasi anemia/copyright By AnemStyle (Shutterstock)

Sakit kepala merupakan salah satu penyakit yang sangat sering dirasakan sebagian besar orang. Manfaat minum kopi salah satunya adalah bisa meredakan sakit kepala yang sangat sering dialami atau diderita oleh orang orang ini.

Dengan manfaat minum kopi satu ini, mungkin bisa dijadikan alternatif bila Anda sedang tidak ingin mengonsumsi obat.

10. Melindungi Hati

Dengan takaran yang tepat, Anda bisa mendapatkan manfaat minum kopi secara maksimal. Salah satunya adalah bisa melindungi hati.

Anda bisa menghindari terkena penyakit sirosis hati dengan minum kopi dengan takaran yang tepat. Jadi, asalkan takarannya tepat, kopi tidak akan membahayakan tubuh kamu.

11. Memperpanjang Umur

Tidak ada salahnya untuk mengonsumsi kopi setiap hari meskipun rasanya sedikit pahit, karena salah satu manfaat minum kopi adalah bisa memperpanjang umur.

Pernah ada sebuah penelitian yang mengatakan bahwa mengonsumsi kopi secara teratur, dua hingga empat cangkir tiap harinya memiliki resiko kematian yang lebih rendah, dibandingkan orang-orang yang jarang mengonsumsi kopi tiap harinya.  (Jft/Liputan6.Com)

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  

loading...