19 March 2019

Ada Delapan Jenis Kopi Ternikmat di Dunia yang Hanya Bisa Dicicipi di Indonesia

KONFRONTASI -  Indonesia memiliki puluhan jenis kopi yang tumbuhnya tersebar luas diseluruh penjuru nusantara. Bagi para pecintanya, berburu kopi adalah hal yang sangat dinantikan. For your information, di Indonesia sendiri ada dua varietas kopi yang tumbuh subur. Arabika dan robusta.

Kopi arabika memiliki rasa yang cenderung manis, lembut, dan tajam. Bisa dibilang cita rasa dari kopi ini sangat beragam dalam sekali sesap. Sedangkan robusta memiliki rasa yang lebih ringan dan netral.

Masih ingin tahu tentang jenis kopi apa saja yang bisa dengan mudah ditemukan di Indonesia? Simak kompilasi di bawah ini baik-baik, ya.

1. Kopi Aceh Gayo

unsplash.com

Kopi Gayo berasal dari daerah dataran tinggi Gayo yang terletak di Aceh. Area ini dikenal sebagai perkebunan kopi yang memberikan hasil cita rasa terbaik. Kopi Gayo sendiri memiliki tingkat keasaman rendah. Selain itu, kopi ini bisa dibilang punya kepahitan yang cukup kuat. 

2. Kopi Lampung

unsplash.com

Lampung memiliki perkebunan kopi di daerah Lampung Tengah, Lampung Barat, dan Tanggamus. Luas kebun kopi di Lampung mencapai 60 hektar dengan biji kopi mencapai 30 ribu ton per tahunnya. Jenis kopi yang dipanen di tanah ini adalah varietas robusta. Rasanya lebih pahit dan kadar kafeinnya tinggi dibandingkan kopi dari daerah lain. 

3. Kopi Luwak

unsplash.com

Jenis paling mahal yang hanya dapat dicari di Indonesia adalah kopi luwak. Meskipun sangat mahal, Kopi ini memiliki jumlah penggemar fanatik yang banyak. Sayangnya, produksi dari kopi ini terbatas karena melibatkan bantuan hewan luwak.

Proses dibikinnya juga cukup unik. Kopi yang dipakai adalah yang dikeluarkan dari hasil pencernaan luwak. Karena istem pencernaan luwak tidak yang mampu mencerna biji kopi, hewan ini akan mengeluarkan bijinya dalam keadaan utuh. Dari situlah bijinya dibersihkan dan diproses sebelum disajikan.

4. Kopi Kintamani
unsplash.com

Kopi Kintamani berasal dari sebuah daerah di dekat Gunung Batur di Bali. Kopi jenis ini memiliki citarasa yang unik. Rasanya seolah bercampur dengan buah.

Rasa kopinya menjadi segar dan asam. Rasa buah yang ada pada Kopi Kintamani dipengaruhi oleh sistem penanaman tumpang sari di Bali. Tanaman kopi dirawat bersama dengan tanaman lain seperti buah dan sayur.

5. Kopi Toraja
unsplash.com

Kopi Toraja ini berasal dari Sulawesi selatan. Daerah ini menjadi lahan pertanian sayur, buah, kopi, dan cokelat. Rasa yang dihasilkan dari Kopi Toraja hampir mirip dengan rasa kopi dari daerah Afrika, segar, harum, dan mirip seperti dark chocolate.

6. Kopi Flores

unsplash.com

Kopi bisa tumbuh subur di Flores karena kesuburan dari banyak gunung berapi. Seperti gunung berapi yang memiliki kondisi tanah sangat subur pada umumnya, daerah pegunungan ini menjadi lahan pertanian kopi yang tepat. Kopi Flores memiliki rasa awet di mulut jika diminum. 

7. Kopi Wamena

unsplash.com

Kopi Wamena tumbuh di daerah pegunungan dan para petani menanamnya secara organik. Rasa Kopi Wamena ringan tanpa ampas, harum, dan tidak berasa asam.  

8. Kopi Jawa

unsplash.com

Kopi Jawa telah dikenal berabad-abad sejak jaman penjajahan Belanda. Sistem tanam paksa menjadikan Pulau Jawa sebagai produsen penghasil kopi terbesar di dunia pada zamannya.

Ini hanya sebagian dari banyaknya jenis kopi yang dipanen di penjuru tanah air. Jika kamu benar-benar anak kopi, wajib keliling Indonesia dulu nih untuk bisa mencicipi kenikmatan biji hitam ini.(jft/Yukepo.com)

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...