Ada 7 Manfaat yang Bisa Didapat setelah Minum Air Hangat, Ayo Dicoba!

KONFRONTASI -  Air adalah kebutuhan dasar bagi manusia dan makhluk hidup lain. Air bisa menyegarkan dan melegakan dahaga kita. Tetapi, sangat sedikit orang yang suka minum air hangat dan lebih banyak yang suka minum air dingin.

Padahal, ada banyak manfaat yang bisa diperoleh dari minum air hangat. Apa saja?

1. Meningkatkan sirkulasi darah

7 Manfaat yang Bisa Didapat setelah Minum Air Hangat, Ayo Dicoba!mdlinx.com

Menurut penelitian berjudul "Biophysiologic Effects of Warm Water Immersion" yang diterbitkan di International Journal of Aquatic Research and Education pada tahun 2009, menemukan bahwa air hangat bisa meningkatkan sirkulasi darah dan aliran darah. Efek yang sama bisa didapatkan ketika kita merendam tubuh dalam air hangat.

Berkat sirkulasi darah ke struktur otot yang meningkat signifikan, maka akan meningkatkan oksigen ke jaringan tubuh. Air hangat punya sifat vasodilator, artinya bisa memperluas pembuluh darah dan meningkatkan sirkulasi. Ini bisa membantu otot menjadi rileks dan mengurangi rasa sakit.

2. Menurunkan berat badan

Gambar mungkin berisi: satu orang atau lebih
 

Sering kita dengar kalau air hangat bisa menurunkan berat badan. Apakah ini benar?

Hal ini dibuktikan lewat penelitian berjudul "Water Consumption Increases Weight Loss During a Hypocaloric Diet Intervention in Middle-aged and Older Adults" yang diterbitkan di jurnal Obesity (Silver Spring, Md.). Penjelasannya, air hangat bisa meningkatkan perasaan kenyang, mengeluarkan racun di tubuh dan meningkatkan penyerapan nutrisi.

Sementara, menurut penelitian berjudul "Water-Induced Thermogenesis" yang dipublikasikan di The Journal of Clinical Endocrinology and Metabolism, disarankan minum air hangat sebanyak 500 ml sebelum makan karena bisa meningkatkan metabolisme hingga 30 persen. Peningkatan metabolisme terjadi 30-40 menit setelah minum air hangat.

 

3. Melegakan hidung saat flu

7 Manfaat yang Bisa Didapat setelah Minum Air Hangat, Ayo Dicoba!dwbhm.com

Kamu jengah dengan lendir atau ingus yang ada di hidung saat flu? Atasi dengan minum air hangat! Menurut penelitian berjudul "The Effects of a Hot Drink on Nasal Airflow and Symptoms of Common Cold and Flu" yang diterbitkan di jurnal Rhinology, air hangat dengan suhu 44-52°C bisa melegakan jalan napas dan melegakan lendir hidung.

Air hangat juga bisa melawan masuk angin serta meningkatkan kesehatan sinus. Air hangat bisa mengurangi tekanan yang dipicu oleh pilek dan alergi hidung. Minum air hangat juga bisa membantu lendir bergerak lebih cepat serta melepaskan sumbatan sinus.

4. Bisa mengurangi stres

7 Manfaat yang Bisa Didapat setelah Minum Air Hangat, Ayo Dicoba!disabilityguide.com
Lanjutkan membaca artikel di bawah

Ada cara sederhana untuk meredakan stres dan kecemasan, yakni dengan meminum air hangat. Tidak percaya? Ini diungkap lewat penelitian yang berjudul "Effects of Hot Tea, Coffee and Water Ingestion on Physiological Responses and Mood: The Role of Caffeine, Water and Beverage Type" yang dipublikasikan di Journal of the European Behavioural Pharmacology Society.

Studi ini menegaskan kalau minuman hangat, seperti air, kopi atau teh bisa menurunkan stres, perasaan cemas dan meningkatkan mood. Air hangat memberikan efek baik pada tekanan darah sistolik dan diastolik, suhu kulit, detak jantung hingga suasana hati. Efeknya akan muncul 10-30 menit setelah diminum.

5. Mengurangi rasa sakit

7 Manfaat yang Bisa Didapat setelah Minum Air Hangat, Ayo Dicoba!canberra.edu.au

Pernahkah kamu merasa pegal-pegal di seluruh tubuh, lalu hilang ketika kamu mandi air hangat? Rupanya, air hangat bisa meredakan rasa sakit, memperbaiki otot yang terluka, meningkatkan sirkulasi dan aliran darah, tutur laman Medical News Today.

Menurut dr. Luiza Petre, seorang ahli jantung di laman Reader's Digest, minum air hangat bisa meningkatkan aliran darah ke jaringan, membuat otot lebih rileks, mengurangi nyeri sendi dan kram saat menstruasi. You're gonna feel better, trust me!

6. Pencernaan menjadi lebih sehat

7 Manfaat yang Bisa Didapat setelah Minum Air Hangat, Ayo Dicoba!aussienatural.net.au

Sistem pencernaanmu akan berterima kasih jika kamu rutin meminum air hangat. Pasalnya, air hangat bisa menyehatkan sistem pencernaan. Hal ini ditegaskan lewat penelitian berjudul "Say Yes to Warm for Remove Harm: Amazing Wonders of Two Stages of Water" yang diterbitkan di European Journal of Pharmaceutical and Medical Research.

Air hangat bisa memecah makanan lebih cepat dari air dingin atau air dengan suhu normal. Selain itu, air hangat bisa mengurangi konstipasi (sembelit) dan mendukung gerakan usus yang teratur.

Buang air besar jadi lancar serta terhindar dari kembung dan wasir. Peneliti menyarankan untuk meminum air hangat setelah bangun tidur, agar sistem pencernaan bisa bekerja dengan baik di hari itu.

7. Baik untuk kesehatan gigi dan mulut

7 Manfaat yang Bisa Didapat setelah Minum Air Hangat, Ayo Dicoba!mabelroclinicadental.com

Terakhir, minum air hangat baik bagi kesehatan gigi dan mulut. Tak percaya? Menurut dr. Sanda Moldovan di laman Asquith House Dental, air hangat baik untuk gigi, terutama bagi orang yang melakukan restorasi. Namun, pastikan air tidak terlalu panas, karena akan melukai gusi dan saraf sensitif di mulut.

Air hangat lebih aman, karena air dengan suhu dingin akan membuat bahan tertentu yang jadi pengisi tambalan di gigi berkontraksi. Akhirnya, tambalan untuk gigi akan meluruh dan hilang, jelas dr. Sanda. Selain itu, air hangat tidak akan membuat gigi menjadi ngilu.

Nah, itulah 7 manfaat yang didapat oleh tubuh setelah meminum air hangat. Tertarik untuk membuktikan sendiri?(Jft/IDNTimes)

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA