5 Alasan Telur Bebek Lebih Sehat dari Telur Ayam, Lebih Banyak Miliki Antibakteri

Konfrontasi - Telur bebek sejatinya tidak hanya enak dijadikan telur asin ataupun bahan martabak. Telur bebek bahkan diketahui mengandung gizi dan nutrisi yang lebih bagus dari telur ayam.

Salah satu keunggulan telur bebek ukurannya yang lebih besar 50 persen dari telur ayam.

Selain ukuran, berikut 5 alasan mengapa telur bebek lebih menyehatkan dibanding telur ayam, seperti mengutip Boldsky, Minggu (6/12/2020).

1. Efek antibakteri lebih banyak

Seperti diketahui bagian putir pada telur punya fungsi perlindungan dari bakteri penganggu, sehingga embrio ayam bisa terlindungi dari paparan bakteri salmonella.

Itu jugalah yang menjadikan telur bebek lebih banyak mengandung antibakterinya, karena memiliki jumlah putih telur yang lebih banyak.

Hal ini berdasarkan hasil studi yang menunjukkan putih telur bebek memiliki aktivitas antimikroba lebih tinggi terhadap bakteri salmonella dibanding telur ayam.

2. Lebih banyak protein

Pada telur bebek terkandung setidaknya lima jenis protein, yaitu ovalbumin 40 persen, ovomucoid 10 persen, ovotransferrin 2 persen, ovomucin 3 persen dan lisozim 1,2 persen.

Dibandingkan telur ayam, telur bebek juga menunjukkan memiliki konsenterasi protein yang lebih tinggi.

3. Lebih tinggi asam folat

Telur bebek mengandung 80 mikrogram asam folat per 100 gram, sedangkan pada telur ayam hanya mengandung 47 mikrogram asam folat per 100 gram.

Tingginya asam folat atau dikenal juga vitamin B9 pada telur bebek dikaitkan dengan penurunan risiko komplikasi kehamilan, penyakit jantung dan kanker.

4. Tinggi asam lemak omega 3

Seperti diketahui kuning telur tinggi sumber asam lemak esensial yang baik bagi tubuh seperti asam linoleat.

Nah, pada telur bebek bagian kuningnya cenderung lebih pekat dibanding telur ayam kampung, sehingga kadar asam lemak omega 3 nya cenderung lebih pekat,

Nutrisi omega 3 sendiri sangat baik untuk jantung, dan mengandung porsi harian yang lebih tinggi dibanding sumber asam lemak lainnya.

5. Lebih banyak vitamin B12

Sebuah studi menunjukkan bahwa vitamin B12 lebih banyak terkandung pada kuning telur dibanding putih telur. Nah, karena ukuran kuning telur pada telur bebek lebih besar dibanding telur ayam, maka disimpulkan jika vitamin B12 lebih banyak pada telur bebek dibanding telur ayam. (swr/mg)

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  

loading...