21 Manfaat Bawang Putih bagi Kesehatan & Kecantikan

Konfrontasi - Manfaat bawang putih saat ini bukan hanya sebatas untuk penambah cita rasa dalam makanan. Namun ada manfaat lain yang ternyata berguna bagi kesehatan. Segudang manfaat ini bahkan belum diketahui banyak orang.

Kandungan dan aroma khas bawang putih ternyata memiliki segudang bagi kesehatan manusia. Beberapa senyawa bawang putih meliputi vitamin B6, selenium, vitamin C, mineral dan zat penting lainnya. Untuk mendapatkan manfaat maksimal, berikut 22 manfaat bawang putih bagi kesehatan yang jarang diketahui:

1. Meringankan sakit gigi

Manfaat bawang putih bagi kesehatan yang jarang diketahui pertama adalah bisa digunakan sebagai pereda sakit gigi. Caranya adalah cukup dengan meletakkan beberapa siung bawang putih yang sudah dihancurkan langsung pada gigi.

Bawang putih akan membantu meringankan sakit gigi karena kandungan anti bakteri dan analgesic yang dimilikinya. Namun sayang, cara ini juga memiliki efek samping yaitu dapat menyebabkan iritasi pada gusi.

2. Mencegah kanker paru

Mengonsumsi bawah putih mentah yang telah dicuci ternyata berguna untuk mencegah penyakit kanker paru. Mengutip pernyataan dokter Nadia Octavia dari KlikDokter, hasil studi yang dilakukan di Jiangsu Provincial Center for Disease Control and Preventionmenemukan bahwa responden yang mengonsumsi bawang putih mentah sebanyak dua kali dalam seminggu mengalami penurunan risiko kanker paru sebesar 44%.

3. Menurunkan resiko kanker

Manfaat bawang putih bagi kesehatan yang jarang diketahui berikutnya adalah bawang putih dapat berguna untuk menurunkan risiko kanker. Khasiat anti kanker ini disebabkan oleh adanya kandungan allyl sulfida pada bawang putih.

Allyl sulfida berfungsi untuk memperbaiki DNA yang rusak. Menurut dokter Nadia Octavia yang dilansir dari situs Klikdokter menyatakan bahwa bawang putih merupakan bahan yang bagus untuk mencegah kanker.

Untuk mendapat khasiat lebih banyak, dapat dicoba dengan mengonsumsi bawang putih secara mentah, memang rasanya tidak enak namun manfaat bagi tubuh sangat luar biasa.

4. Mengatur gula darah

Manfaat bawang putih bagi kesehatan yang jarang diketahui berikutnya adalah bawang putih dapat berfungsi sebagai bahan yang dapat mengatur gula darah. Mengonsumsi bawang putih dapat membantu meningkatkan insulin dalam darah. Oleh karena itu, mengonsumsi bawang putih dapat membantu mengendalikan kadar gula darah pada orang penderita diabetes.

5. Mengatur ritme jantung

Manfaat bawang putih bagi kesehatan yang jarang diketahui selanjutnya adalah bawang putih dipercaya dapat bermanfaat sebagai pengatur ritme jantung. Hal tersebut dapat membantu untuk mencegah dan terhindar dari penyakit jantung.

Bagi anda yang memiliki masalah pada ritme detak jantung yang terlalu cepat, konsumsi bawang putih dapat membantu mengatasi masalah tersebut.

6. Terhindar dari penyakit kardiovaskular

Dengan banyaknya bukti terhadap manfaat bawang putih bagi kesehatan, bawang putih juga berguna untuk menipiskan darah untuk berkurang dan melindungi dari gumpalan. Bawang putih membantu membuat aliran zat besi mengalir dengan baik di dalam tubuh.

Berbagai penelitian menunjukkan bahwa bawang putih dapat membantu menurunkan tekanan darah dan tingkat kadar gula dalam darah.

7. Membantu penderita hipertiroidisme

Manfaat bawang putih bagi kesehatan yang jarang diketahui berikutnya adalah bawang putih mampu meredakan penderita penyakit hipertiroidisme. Hal tersebut dikarenakan adanya kandungan yodium yang tinggi pada bawang putih yang membuat bahan ini menjadi salah satu bahan alami yang efektif mengobati penderita penyakit hipertiroid.

8. Mencegah flu

Manfaat bawang putih bagi kesehatan yang selanjutnya adalah dapat mencegah penyakit flu. Hal tersebut dikarenakan adanya zat yang terkandung di dalam tubuh yang berfungsi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dengan mengonsumsi bawang putih misalnya, dapat mengurangi rata-rata lama flu seseorang sebanyak 70%.

9. Mengobati wasir atau ambeien

Manfaat bawang putih bagi kesehatan yang lainnya adalah dapat meredakan mengobati penyakit wasir atau ambeien. Caranya adalah dengan cukup merebus beberapa siung bawang putih bersama cuka dan gula, kemudian minum satu sendok setiap pagi.

10. Menurunkan tekanan darah

Tekanan darah tinggi atau hipertensi menjadi salah satu momok berbahaya yang dapat memicu penyakit jantung dan stroke. Dengan mengonsumsi bawang putih ternyata dapat membantu menurunkan tekanan darah. Bahkan, ekstrak bawang putih seberat 600-1.500 mg sama efektifnya dengan obat atenolol yang mampu mengurangi tekanan darah selama 24 minggu.

11. Mencegah Alzheimer

Manfaat bawang putih bagi kesehatan yang jarang diketahui selanjutnya adalah dapat mencegah penyakit otak seperti Alzheimer dan Demensia. Hal tersebut diakibatkan oleh efek pada pengurangan kolesterol, tekanan darah, serta sifat antioksidan yang terkandung dalam bawang putih.

12. Mempertahankan stamina

Manfaat bawang putih bagi kesehatan yang lainnya adalah dapat membantu meningkatkan stamina dan kapasitas kerja. Hal tersebut didasari oleh sebuah studi yang menunjukkan bahwa kelelahan akibat olahraga dapat dikurangi dengan mengonsumsi bawang putih.

13. Mempertahankan kualitas tulang

Salah satu studi menemukan bahwa bawang putih secara signifikan dapat memperlambat pengurangan estrogen pada perempuan yang telah menopause. Meskipun begitu, belum ada penelitian yang membahas dampak bawang putih pada tulang laki-laki.

14. Membantu detoksifikasi logam berat

Pada dosis tinggi, senyawa sulfur yang terkandung dalam bawang putih telah terbukti dapat melindungi kerusakan organ dari toksisitas logam berat.

15. Merawat rambut dan kesehatan kulit

Adanya berbagai kandungan yang terkandung dalam bawang putih dapat melindungi kulit ari dari efek radikal bebas dan memperlambat penurunan kolagen yang dapat berakibat pada hilangnya elastisitas kulit. Dengan begitu, Anda dapat memanfaatkan bawang putih sebagai perawatan luar.

Bawang putih berguna untuk melindungi kulit dari infeksi jamur dan bisa menyembuhkan kulit dari iritasi. Bawang putih juga ampuh untuk merawat rambut. Menggosokkan bawang putih mentah ke kulit kepala dan memijatnya bisa mencegah dan mengembalikan ketebalan rambut yang berkurang akibat rontok.

16. Membersihkan komedo membandel

Manfaat bawang putih bagi kesehatan yang jarang diketahui adalah dapat membersihkan komedo yang membandel. Cara untuk membersihkan komedo tersebut adalah oleskan bawang putih yang sudah dihaluskan ke area wajah yang berkomedo. Kemudian pijat halus dengan perlahan selama beberapa menit. Setelah itu bilas dengan air dingin. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kamu bisa menerapkan cara ini hingga komedo benar-benar hilang.

17. Memperkecil pori-pori di kulit wajah

Manfaat bawang putih bagi kesehatan yang lainnya adalah dapat digunakan sebagai media untuk memperkecil pori-pori di kulit wajah. Cara membuat ramuan dari bawang putih ini cukup mudah. Campurkan satu siung bawang putih yang telah dihancurkan dengan setengah buah tomat. Kemudian gunakan racikan ini sebagai masker wajah. Diamkan selama 10 menit kemudian bilas.

18. Mengurangi flek hitam di wajah

Cara untuk menghilangkan flek hitam di wajah menggunakan bawang putih cukup mudah. Cukup haluskan bawang putih, lalu oleskan super tipis di flek hitam atau noda bekas jerawat tersebut, jika sudah bisa bilas menggunakan air hangat.

19. Menunda penuaan

Manfaat bawang putih bagi kesehatan yang sekaligus juga dapat berfungsi sebagai bahan alami untuk menjaga kesehatan kulit. Bawang putih mengandung senyawa yang bersifat antioksidan. Senyawa inilah yang dapat membantu kulit agar dapat menunda penuaan.

20. Menghilangkan peradangan kulit

Apabila Anda memiliki masalah kulit seperti bersisik, gatal, dan memerah, cobalah untuk menggunakan bawang putih. Kamu bisa mengatasi beberapa masalah ini dengan bawang putih.

Cara mendapatkan manfaat bawang putih dengan menghaluskan bawang putih terlebih dahulu. Kemudian balurkan pada bagian tubuh atau kulit yang bermasalah. Gunakan secara rutin dan rasakan hasilnya yang luar biasa.

21. Menghilangkan jerawat

Manfaat bawang putih bagi kesehatan maupun untuk kesehatan kulit berikutnya adalah dapat menghilangkan jerawat. Untuk mendapatkan manfaat bawang putih yang satu ini, cukup iris bawang putih, kemudian oleskan pada bagian yang berjerawat. Pastikan pisau yang digunakan untuk memotong benar-benar higienis agar tidak terjadi transfer bakteri. (mrdk/mg)

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  

loading...