22 July 2018

Apa Saja Rahasia Agar Tampak Segar dan Awet Muda?

KONFRONTASI -  Siapa tak berseri-seri bila dipuji berwajah segar dan terlihat awet muda? Senjatanya ternyata tak sulit. Cukupkan pola makan Anda dengan makanan segar, berkomposisi nutrisi seimbang dan lengkap. Nah, buat wajah Anda lebih berseri dengan cara sederhana berikut:

Benteng Tubuh
Vitamin C adalah salah satu kunci awet muda. Ia memperkuat daya tahan tubuh karena merupakan antioksidan penting untuk melawan radikal bebas penyebab kerusakan kulit dan penuaan dini. Dalam jumlah kecil, vitamin C dapat melindungi molekul penting dalam tubuh, seperti protein, lipid (lemak), karbohidrat, dan asam nukleat (DNA dan RNA) dari kerusakan yang diakibatkan radikal bebas, racun, ataupun polusi.

Kini makin banyak produk multivitamin yang dirancang untuk mencegah penuaan dini. Menurut dr. Elia Indrianingsih SpGk dari Eka Hospital, jika asupan makan Anda tercukupi dan seimbang (buah, sayur), serta lengkap vitamin mineral, maka tanpa suplemen multivitamin pun tidak masalah.

Namun mereka yang sakit, dalam proses penyembuhan, wanita hamil, menyusui, dan para lansia yang bermasalah dengan pencernaan, multivitamin dianjurkan. “Konsultasi dulu ke dokter karena setiap orang memiliki kebutuhan multivitamin yang berbeda. Produk yang menjanjikan awet muda juga begitu banyak beredar, Anda harus bijaksana memilih.”

Kembali ke Tradisional
Memakai bumbu-bumbu tradisional segar adalah salah satu cara membuat makanan sehat. Salah satunya bawang putih, bumbu yang meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mengurangi kolesterol, dan mencegah kanker.
Untuk menumis cepat, pilihlah minyak zaitun daripada minyak goreng biasa. Dan, sebisa mungkin hindari bumbu instan siap pakai.

Makan Seperti Balita
Saat balita, pola makan dan kebersihan makanan biasanya terjaga. Ini jadi salah satu faktor yang membuat balita tumbuh sehat. Walaupun sudah bukan balita, tak ada salahnya ikuti pola makan si balita, bersih dan padat gizi. Selain makan teratur, para balita juga beristirahat secara teratur.

Pagi:
Jangan remehkan sarapan. Sesibuk apapun, usahakan rutin mengonsumsi buah, bisa melon, pepaya, pisang, atau apel. Tambahkan karbohidrat dan protein berupa satu iris roti dengan selai kacang atau telur dadar favorit.

Siang:
Batasi makanan yang digoreng. Cukup satu potong, nasi cukup setengah piring, dan tambahkan sayuran.

Malam:
Makan nasi dengan porsi lebih sedikit dibanding siang, perbanyak sayur dengan lauk yang tidak digoreng/ ditumis, tetapi direbus, dikukus, atau dipanggang.

Persiapkan Menopause
Menjelang menopause (perimenopause), wanita mengalami kemerosotan produksi hormon estrogen. Kondisi ini mengakibatkan gangguan fisik dan mental. Seperti mudah lelah, berat badan naik, sulit tidur, timbul rasa panas di dada (hot flash), perasaan tidak nyaman, mudah marah, atau depresi ringan.
“Beberapa jenis sayuran, biji-bijian (kenari, almon), dan kacang-kacangan (terutama kedelai) kaya akan fitoestrogen (hormon estrogen alami) yang dapat membantu kestabilan kadar hormon wanita,” kata dr. Elia.

Sayangi Perut
Apapun yang dikonsumsi berlebihan tak baik untuk kesehatan. Sayangnya, makanan lezat yang umumnya mengandung minyak, kolesterol, lemak, dan gula tinggi sulit dihindari.

axa-inspirasi-enak-untuk-awet-muda-body-copy

Solusi agar pencernaan ‘awet muda’, berpuasa atau melakukan diet vegetarian secara berkala. Kandungan serat dan asam amino tinggi pada sayur dan buah, membuat usus dalam keadaan bersih dan bekerja lebih ringan dibanding saat mengolah daging.

Masalah pencernaan, seperti sembelit ataupun wasir, pun tak akan menggangu hidup Anda. Saran dr. Elia, “Agar pencernaan terjaga, hindari makan cara buffet atau makan sepuasnya. Itu membuat Anda makan lebih banyak dari biasa.”

Ngemil Sehat
Selalu sediakan buah segar dalam jangkauan. Saat lapar, makan buah dahulu sebelum ngemil yang lain. Serat dalam buah akan membuat perut kenyang dan mencegah Anda ngemil berlebihan.
Sebagai penahan lapar, boleh juga mengonsumsi protein baik, seperti kacang, atau dark chocolate. Tapi jangan berlebihan, ya. Salad buah atau sayuran dijamin lebih menyehatkan dibandingkan camilan manis. Selain baik untuk mencegah naiknya kolesterol, buah-buahan adalah sahabat untuk keremajaan kulit Anda.

Minuman Awet Muda
Minum teh hijau, yogurt, rebusan jahe, kunyit, atau temulawak punya nilai lebih dibanding minuman bersoda atau kemasan yang mengandung pewarna dan pemanis buatan. “Setiap kali makan di luar, usahakan pilih minuman netral seperti air putih atau teh tawar bening,” saran dr. Elia.
Pastikan juga Anda cukup minum air putih setiap harinya. Kekurangan air membuat tubuh lebih cepat mengalami dehidrasi dan kulit menanggung akibat kekeringan. Air putih juga memperlancar sirkulasi darah ke otak, sehingga otak bisa bekerja optimal.

Makan dengan Hati Senang
Setiap kali makan, nikmati dan rasakan makanan. Syukuri hidangan yang masuk ke mulut Anda. Makan bersama orang-orang tercinta harusnya menimbulkan emosi positif dan bahagia. Dan akan membuat Anda lebih awet muda. Salah satu cara untuk makan enak adalah menjauhi kondisi stres. Dengan hati yang tenang, semua makanan bisa terasa lezat.

Yogurt
Pilihan minuman/ snack sehat dan lezat dengan segudang manfaat. Sangat baik untuk kesehatan pencernaan, kulit halus, dan tulang kuat.

Nge-Teh, Yuk!
Legenda teh dimulai ribuan tahun lalu di Cina saat beberapa daunnya tertiup dan jatuh ke panci Kaisar Shen Nung. Cerita teh berlanjut berkat kandungan antioksidannya yang banyak bermanfaat bagi tubuh.
5 tipe teh diklasifikasi: teh hitam, teh putih, teh hijau, teh oolong, dan teh puerh.
4 -20 ons teh yang diminum sehari akan menurunkan 46% risiko darah tinggi dibanding mereka yang jarang minum teh.
10 cangkir teh Jepang bisa melindungi tubuh dari serangan kanker, begitu hasil studi Cancer Research and Clinical Oncology.

Gairah Tak Boleh Padam
“Kesehatan seksual merupakan cerminan dari kondisi kesehatan fisik dan psikologis seseorang,” ujar Ian Kerner, konselor seks di New York, AS, dan penulis buku She Comes First. “Jika Anda kehilangan gairah seksual, bisa jadi itu merupakan tanda adanya masalah kesehatan lain, bisa depresi, kurang asupan nutrisi, atau mengidap penyakit tertentu,” lanjutnya. Jangan abaikan kehidupan seks yang meredup. Karena, kehidupan seksual yang sehat berpengaruh positif pada kesehatan Anda.
Mereka rutin berolahraga.

Faktor nomor dua? Mereka melakukan hubungan seks 2-3 kali per minggu dengan pasangan tetap. Begitu studi di Skotlandia. Awet muda itu mudah, ya? Pria yang mengalami 21 kali ejakulasi per bulan, secara signifikan lebih rendah risiko menderita kanker prostat dibanding pria yang mengalami ejakulasi 4–7 kali per bulan (Journal of the American Medical Association).(Jft/INSPIRASI)

Category: 
Loading...