7 Jenis Kanker Ini Disebabkan Alkohol, Berhentilah Minum Alkohol

WHO melaporkan minum alkohol juga bisa meningkatkan risiko depresi dan kecemasan.

KONFRONTASI -  Sebuah kajian mengisyaratkan kaitan kuat antara konsumsi alkohol dengan tujuh jenis kanker.

Penelitian yang diterbitkan di jurnal Addiction menyatakan terbukti kuat pengaruh merusak langsung minum alkohol, meskipun penjelasan biologisnya masih belum jelas.

Kanker yang ditemukan terkait langsung dengan konsumsi alkohol adalah kanker mulut dan leher, laring, esofagus, hati, usus, lambung dan dada.

    Apakah alkohol memang buruk untuk Anda?
    WHO peringatkan 'gelombang pasang' kanker

Bulan Januari Pejabat Kesehatan Inggris mengatakan pada tingkatan apapun minum alkohol memang berisiko terhadap kesehatan.

Alkohol diperkirakan menyebabkan sekitar 500.000 kematian karena kanker pada tahun 2012 saja.

Tahun 2014, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) melaporkan bahwa minum alkohol antara lain dapat meningkatkan risiko depresi dan kecemasan, sitosis hati, bunuh diri, kekerasan, maupun cedera karena kecelakaan.

Antara 4% sampai 30% kematian karena kanker di seluruh dunia dapat dikaitkan dengan konsumsi alkohol (untuk kanker payudara, yang paling umum, angkanya mencapai 8%).

Minum alkohol dalam jumlah sedang juga dapat meningkatkan risiko. Sedangkan minum satu gelas per hari dapat meningkatkan risiko kanker payudara sampai tingkat 4% dan minum dalam jumlah besar dapat meningkatkan risiko hingga 40-50%.(Juft/BBC)

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  

loading...