Rekor, Ed Sheeran Ditonton 2 Miliar Kali di Youtube

KONFRONTASI - Coba buka youtube dan carilah Ed Sheeran, hari ini, maka terpampanglah dua videonya yang berjudul “Thinking Out Loud” yang sudah ditonton 2 miliar kali, dan satu lagi “Shape of You” yang penontonnya hampir mencapai 3 miliar kali.

Mungkin itu cara mudah untuk mengetahui seperti apa Ed Sheeran di dunia tahun 2017. Musisi Giring Nidji yang dihubungi BeritaSatu.com mengakui musisi Inggris itu yang menguasai jagat musik tahun ini. “Di sportify pun dia yang teratas,” kata Giring.

Layanan streaming musik Spotify sudah mengumumkan lagu Ed Sheeran yang paling sering diputar sepanjang 2017. Hingga pekan pertama Desember 2017, Sheeran berada di puncak daftar streaming Spotify untuk 2017 dengan 6,3 miliar streaming.

Bahkan Sheeran juga memiliki album terbesar Spotify tahun ini, Divide, yang sudah didengar oleh penggemarnya 3,1 miliar kali. Lagu “Shape of You" adalah yang mencetak 1,4 miliar streaming.

Tentu Sheeran bukanlah musisi yang mendadak top. Bernama lengkap Edward Christopher Sheeran, pria kelahiran 17 Februari 1991, ini sudah membangun kariernya sejak kecil.

Di usia empat tahu, ia sudah menjadi bagian paduan suara gereja lokal, lalu belajar bermain gitar, dan mulai menulis lagu saat di Thomas Mills High School di Framlingham.

Kemudian:

#2004. Sheeran mulai merekam musik dan merilis koleksi pertamanya, Spinning Man. Hingga 2009, sangat banyak yang dilakukannya. Mulai dari menjalin hubungan antar sesama musisi, merilis berbagai singlenya, mengikuti audisi, ikut tur dengan musisi lain yang saat itu lebih ngetop.

#2009. Pada musim gugur, Sheeran mulai belajar musik di Academy of Contemporary Music (ACM) di Guildford dan menjadi sarjana musik di sini.

#2010. Sheeran mulai dilirik banyak orang di YouTube. Basis penggemarnya mulai tumbuh setelah muncul di Koran The Independent. Di tahun yang sama ia merilis Live at the Bedford dan Songs I Wrote with Amy.

#2011. Sheeran merilis No. 5 Collaborations Project. Sheeran mendapat perhatian sebab mencapai nomor 2 di grafik iTunes tanpa promosi atau label. Tahun ini, ia juga merilis "The A Team" sebagai digital download di Inggris. Dirilis sebagai single utama dari album debut studio Sheeran, "The A Team" memasuki UK Singles Chart.

Ini adalah single perdana dengan penjualan terbaik dan single kedelapan keseluruhan yang terlaris 2011. Di tahun ini ia juga merilis "You Need Me, I Do not Need You". Lalu disusul single ketiganya "Lego House".

#2012. Sheeran mengawali tahun dengan merilis "Drunk", kemudian menyusul album “+ (plus)”. Album ini masuk terlaris di Inggris dan disertifikasi platinum enam kali oleh British Industry Phonographic. Album ini juga mencapai lima besar di Australia, Kanada, Irlandia, Selandia Baru dan Amerika Serikat.

#2013. Setelah manggung di Sydney, Australia, Taylor Swift menghubungi Sheeran. Dia kemudian ikut menulis dan memberikan vokal untuk "Everything Has Changed", single dimasukkan di album studio keempat Swift. Sheeran tampil di arena dan stadion di seluruh Amerika Utara sebagai pembuka untuk The Red Tour Swift.

Single Sheeran "The A Team" menerima nominasi untuk Song of the Year di Grammy Awards 2013.[ Penyanyi legendaris Elton John tampil bersama Sheeran. Sheeran dinominasikan untuk Best New Artist di Grammy Awards 2014.

#2014. Sheeran tampil di konser amal Teenage Cancer Trust di Royal Albert Hall di London dan ia meluncurkan "Take It Back" lalu menyusul “Sing”. Di tahun ini ia melahirkan album keduanya “x (multiply)”.

Lalu ia merilis "Thinking Out Loud". Di sini Spotify menamainya the most-streamed artist dan x the most-streamed album. Album ini juga menjadikan Sheeran sebagai artis paling laris iTunes di Inggris, Irlandia dan Selandia Baru. Bahkan x dinominasikan untuk Album of the Year di Grammy Awards 2015.

#2015. Sheeran memenangkan British Male Solo Artist dan British Album of the Year untuk x di Brit Awards 2015. Ia juga menerima penghargaan untuk Songwriter of the Year, memenangkan Best International Artist dan Most Buzzworthy International Artist or Group, meraih penghargaan untuk Best Live Act dan Best Live Stage, serta Breakthrough pada Billboard Touring Awards 2015.

Pada 27 Juni Sheeran menjadi pembuka untuk The Rolling Stones di Zip Code Tour mereka di Arrowhead Stadium Kansas City. Sheeran menulis "Love Yourself" untuk album keempat Justin Bieber.

#2016. Singlenya dari x , "Thinking Out Loud", membuatnya mendapatkan dua Grammy Awards di Grammy Awards 2016: Song of the Year dan Best Pop Solo Performance. Album x dinobatkan sebagai album terlaris kedua di seluruh dunia. Tahun ini ia libur total, hingga pada 13 Desember 2016, Sheeran mencuitkan gambar dan mengubah Twitter, Facebook dan Instagramnya menjadi biru muda menyiratkan rilis album baru.

#2017. Pada 1 Januari, Sheeran mengunggah video di situs media sosial yang menunjukkan dia memegang secarik kertas dengan kata-kata "New Music Coming Friday". Esoknya ia mengunggah sebuah video 10 detik di Twitter dan media sosial lainnya yang menunjukkan apa yang diasumsikan desain sampul album terbaru yang berjudul ÷ (divide) yang dirilis 3 Maret 2017.

Album ini langsung nomor satu di Inggris, Amerika Serikat, Jerman, Australia, Kanada dan pasar besar lainnya. Dua lagu dalam album ini, "Shape of You" dan "Castle on the Hill", single ini meledak di streaming Spotify. Di youtube telah ditonton miliaran(Jft/Berita1)

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  

loading...