Luangkan Waktu 5 Menit untuk Berjalan Kaki

Konfrontasi-Terlalu lama bekerja sambil duduk ternyata bisa memberikan efek buruk bagi kesehatan. Namun tak perlu khawatir, ada cara mudah untuk mengatasinya, yaitu dengan berjalan selama lima menit dalam jeda setiap jam.

"Kami menemukan, kalau berjalan selama lima menit dapat membalikkan kerugian pada arteri kaki akibat duduk lama," ujar seorang peneliti post-doktoral dari Oregon Health and Science University, Saurabh Thosar. 

Menurut dia, ketika orang-orang duduk, otot menjadi kendur sehingga tidak berkontraksi secara efektif memompa darah ke jantung.

Kemudian, lanjut Thosar, darah dapat berkumpul di kaki dan mempengaruhi fungsi endotel arteri atau kemampuan pembuluh darah untuk memperluas peningkatan aliran darah.

"Kami telah menunjukkan, duduk lama mengganggu fungsi endotel, yang merupakan penanda awal penyakit kardio vaskular dan bangkit dari duduk mencegah penurunan fungsi itu," tambah Thosar, yang memimpin penelitian seperti dilansir Indian Express. 

Dalam penelitiannya, Thosar dan rekan-rekannya melibatkan 11 orang pria berusia 20-35 tahun yang tidak menderita obesitas sebagai partisipan. [marx/ant]

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  

loading...