19 July 2018

Lagu Dibajak Tim Kampanye, Eminem Tuntut Partai Politik Selandia Baru

Konfrontasi - Rapper kondang asal Amerika Serikat, Eminem, menggugat sebuah partai politik di Selandia Baru pada Rabu (17/9). Partai Nasional Selandia Baru dituding memakai salah satu hits Eminem dalam acara kampanye.

Pihak Shady Records selaku label produser Eminem menyatakan lagu berjudul Lose Yourself diputar dalam kampanye Partai Nasional Selandia Baru. Kuasa hukum Shady Records pun telah mengirimkan gugatan ke Departemen Kehakiman Amerika Serikat dengan dakwaan pelanggaran hak cipta.

"Eminem tidak pernah memberikan izin agar karyanya bisa digunakan dalam iklan pemilu. Hal ini sungguh ironis karena partai politik itu bertanggung jawab untuk memperjuangkan hak-hak penerbit musik di Selandia Baru. Kami sangat kecewa," ungkap Joel Marin, jubir Shady Record.

Di sisi lain, Partai Nasional menepis tuntutan Shady Records dengan dalih iklan kampanye Partai Nasional diproduksi oleh produser asal Australia. Juru bicara Partai Nasional menjelaskan lagu yang dimaksud sering digunakan organisasi lain tanpa ada komplain dari siapapun. Sehingga Partai Nasional yakin tidak melanggar UU Hak Cipta.

"Selagi masalah ini belum sampai ke pengadilan Selandia Baru, kami tidak mau berkomentar lebih lanjut," kata juru bicara partai.

 

Category: 
Loading...