Cerita Pilu Melly Goeslaw Kunjungi Pengungsi Palestina

Konfrontasi - Setelah kurang lebih satu pekan mengunjungi kamp pengungsi Palestina di kota Kilis, yang terletak di perbatasan Turki dan Suriah, penyanyi Melly Goeslaw akhirnya tiba di Tanah Air dengan selamat. 

Ditemui di kediamannya, di kawasan Bintaro, istri dari Anto Hoed ini menceritakan kisah pilu yang dialaminya di kamp pengungsian. Di sebuah kamp pengungsian yang lebih mirip rumah panggung, dan terbuat dari alumunium, Melly menemui beberapa warga terutama anak-anak yang ikut mengungsi.

"Kayak sudah apatis sama keadaan enggak ada senyum, diajak ngomong saja susah. Enggak ada ekspresi. Pas kita masuk ke dekat kantornya itu lebih parah, mereka benar-benar enggak mau disamperin gitu," ungkap ibu dua orang anak ini, Minggu, 24 Desember 2017, di Bintaro, Tangerang Selatan.

Bahkan, lanjut Melly, ketika ia mendekat, beberapa anak justru bersembunyi di balik tempat sampah. Trauma, yang membuat anak-anak itu enggan mudah percaya dan bertemu dengan orang-orang baru. 

"Mereka ngelihat orang asing tuh udah curiga duluan."

"Bayangin saja anak-anak itu selain di Palestinanya mendengarkan ada bunyi bom, Ngedengerin teman-temannya ditembak segala macam, mereka harus melarikan diri lewat laut, pasti trauma lewat laut kan lihat yang lain tenggelam," ungkap Melly. 

Melly mengungkapkan, hal yang paling dibutuhkan terutama untuk anak-anak pengungsi saat ini ialah terapi untuk meredakan trauma yang dialami. 

 "Jadi yang di penampungan itu yang diutamakan adalah menghafal Alquran dan trauma healing," kata dia. (vv/mg)

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA