20 June 2018

Rahasia Belanja Cerdas Prita Ghozie

Konfrontasi - Perencana keuangan sekaligus Chief Financial dari ZAP Finance, Prita Ghozie, mengatakan bahwa harga kebutuhan pokok yang terus naik dan seringkali tidak diikuti peningkatan penghasilan, menuntut setiap orang bisa berbelanja dengan cerdas.  

"Bagaimana menjadi smart shopper? Pertama, siapkan catatan belanja. Jadi sebelum mulai belanja catat semua barang yang akan dibeli. Ini penting agar saat di supermarket kita langsung fokus ke barang kebutuhan kita," katanya dalam peluncuran program "Belanja Kalap" yang digelar PermataBank dan Giant, di Plaza Kalibata Jakarta, Rabu (13/5).

Kedua, lanjutnya, gunakan rekening khusus belanja. "Jadi pisahkan rekening tabungan yang berisi penghasilan dan untuk belanja. Idealnya hanya 50 persen dari gaji bulanan untuk semua pengeluaran. Jadi anggaran sekolah anak, belanja, semua sudah masuk di situ. Khusus untuk belanja bulanan, sedikitnya disisihkan 20--25 persen dari total dana di rekening belanja," jelasnya.

Ketiga, berbelanja di supermarket yang ekonomis dan menawarkan promo menarik, sehingga berbelanja bisa lebih hemat dan mendapat banyak keuntungan. Keempat, untuk pembayaran gunakan kartu debit supaya lebih mudah mengontrol keuangan.

"Dengan tingkat kenaikan penghasilan yang mungkin tidak sebanding, penting bagi kita untuk belajar mengatur pola belanja, tertib menggunakan kartu debit dan cermat melihat promosi belanja yang ditawarkan" pungkasnya.  (rol/ar)

Category: 
Loading...