Manisnya Laba Es Potong Singapura

Konfrontasi - Hampir semua kalangan masyarakat menyukai es krim. Camilan dingin yang memiliki rasa manis ini sudah banyak dijajakan di berbagai tempat dengan berbagai inovasi, salah satunya yang sedang marak adalah es krim potong Singapura. Turut meramaikan bisnis ini, Mariono pun berkecimpung di dalamnya. Usaha yang dia dirikan sejak 2013 ini bernama Manda Ice Cream. Sejak saat itu dia langsung menawarkan kemitraan. Hingga kini sudah ada lebih dari 1.000 gerai mitra yang beroperasi. “Saya hanya memiliki gerai pusat di Tangerang dan sisanya milik mitra usaha,” tuturnya.

Bagi yang ingin bergabung, ada dua paket yang ditawarkan Mariono, yakni senilai Rp 26,5 juta dan Rp 15,5 juta. Untuk paket Rp 26,5 juta, mitra akan mendapat mini booth, perlengkapan dan peralatan usaha serta bahan baku es potong jadi senilai Rp 5 juta serta seragam karyawan dan pelatihan karyawan. Adapun untuk paket senilai Rp 15,5 juta mitra akan mendapat gerobak, perlengkapan, peralatan dan produk es jadi senilai Rp 3,5 juta dan seragam karyawan juga pelatihan karyawan.

Kerjasama akan berlangsung berlangsung selama dua tahun. Setelah itu untuk perpanjangan mitra diberi diskon 50% dari harga paket. Mitra tidak dikenakan biaya royalti dan lainnya. Namun, mitra wajib membeli bahan baku es ke pusat untuk standar kualitas es potongnya.

Ada tujuh varian rasa es krim yang dijual seperti cokelat, stroberi, mangga, red bean, green tea, hingga lainnya. Harga jual sekitar Rp 8.000 hingga Rp 16.000 per potong. Mariono bilang, bila mitra bisa menjual 40 potong es dalam sehari, mitra dapat meraup omzet Rp 500.000 per hari atau Rp 15 juta per bulan. Dengan omzet tersebut, diestimasi mitra bisa balik modal dalam empat bulan.

Luas ruangan yang diperlukan sekitar 2 m x 1 m untuk paket investasi Rp 15,5 juta dan 2 m x 3 m untuk paket investasi Rp 26,5 juta. Jumlah karyawan yang diperlukan sekitar dua orang saja. Mariono mengaku produk Manda Ice Cream memiliki kelebihan dari segi rasa, tekstur yang lembut dan kandungan gizi yang tinggi. Dari situ dia yakin mitra akan menilai dan tertarik berbergabung. Meski tidak ada target, dia berharap bisa menambah mitra lebih banyak lagi. (kntn/mg)

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  

loading...