21 June 2018

Iwan Pangalila Putra Kawanua, Putra Indonesia Pemilik Paten di Bidang Kedirgantaraan

KONFRONTASI - Indonesia sebetulnya punya orang-orang unggul yang berkiprah di berbagai bidang di luar negeri, khususnya di Negeri Paman Sam Amerika Serikat (AS).

Dan salah satunya adalah Iwan Pangalila. Putra Kawanua peraih Master of Science in Aerospace Engineering, Technical University Delft ini punya nama besar dan punya hak paten khususnya di bidang penerbangan.

Selain Iwan Indonesia juga punya raja pesawat terbang yakni BJ Habibie. Dirinya sangat berpengaruh di Jerman.

Iwan sendiri, menghabiskan waktunya 20 tahun bekerja di Enginering in Aerospace Industry.

Saat ini Project Leader in Research & Technology for Airbus Americas Engineering di Alabama, USA dan sedang mempersiapkan pesawat terbang baru untuk Airbus di tahun 2030.

“Saya juga punya kerinduan untuk ikut membantu perkembangan teknologi di Indonesia. Oleh sebab itu saya sempat tawaran 4 gagasan kerja sama, yaitu: Pembuatan sayap pesawat terbang A380 di Indonesia.

Tenaga kerja Indonesia untuk membantu project-project di bidang industry pesawat terbang di Eropa.

Tahun 2002 saya mengusahakan untuk pesawat terbang Fokker dibuat di Indonesia. Pada waktu itu sudah ada investornya hanya gagal di MOU.

Untuk gagasan yang ke 4 ini masih saya persiapkan.

Indonesia adalah Negara kepulauan yg akan banyak ketergantungannya dgn kedirgantaraan.

Oleh sebab itu kata Iwan, Indonesia dengan menghadirkan dan memproduksi pesawat terbang yang bisa mendarat dimana saja akan membawa  Indonesia lebih maju dalam teknologi dan ekonomi.

“Saya sudah banyak bicara dgn Project Leader di Airbus untuk menghadirkan gagasan saya ini untuk Indonesia. Mereka setuju. Semoga impian saya yang ke 4 ini membawa terobosan untuk negara tercinta Indonesia,” ujarnya seperti dikutip digrup KIM.

Beberapa Patent Iwan Pangalila antara lain, Paten No. US20110309194 untuk Mounting System for Attaching a Structural Monument in a Desired Position in an Aircraft Cabin. Diajukan 23 Nov 2009 dan dipublish 22 Des 2011.

Bila Anda sedang terbang dengan pesawat Airbus atau Boeing maka ada bagian pesawat di Cabin karya putra terbaik bangsa.

Iwan Pangalila Tou Minahasa. Iwan sendiri bersama keluarganya menetap di Alabama, USA.(KONF/INDONESIABERITA)

Category: 
Loading...