Wamen ESDM Terbang ke Eropa Cari Investor

Konfrontasi - Setelah Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan melakukan kunjungan kerja ke Amerika Serikat, kini giliran Wakil Menteri Arcandra Tahar yang mengunjungi empat negara di Eropa untuk meningkatkan investasi sektor ESDM.

Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik dan Kerja Sama (KLIK) Kementerian ESDM Dadan Kusdiana mengatakan Arcandra akan menghabiskan waktu empat hari di Eropa.

Arcandra, tutur Dadan, berangkat malam ini dengan salah satu agendanya mengunjungi kantor pusat beberapa perusahaan minyak dan gas bumi.

Kendati demikian, dia enggan menyebut apakah lawatan tersebut akan ditutup dengan kesepakatan tertentu.

Pastinya, ujar Dadan, Arcandra akan mengunjungi Italia, Prancis, Belanda dan Inggris.

"Pak Wamen malam ini melakukan kunjungan ke beberapa negara di Eropa untuk melakukan pertemuan yang terkait dengan peningkatan investasi sektor ESDM.

Beliau akan ke Itali, Prancis, Belanda dan Inggris, selama empat hari. Nanti ya, hasilnya kalau sudah pulang," ujarnya saat dihubungi, Minggu (10/9/2017).

Meski begitu dia tak menyebut kantor pusat perusahaan mana saja yang akan menjadi tujuan Arcandra selama kunjungan kerja.

Namun, dia mengonfirmasi bahwa Arcandra akan mengunjungi kantor pusat Eni di Italia, Total di Prancis, Shell di Belanda dan BP di Inggris.

"Iya salah satunya ke kantor pusat perusahaan migas," katanya.

Sebelumnya, pada akhir Juli, Jonan mengadakan pertemuan dengan petinggi beberapa perusahaan dalam lawatannya ke Amerika Serikat.

Adapun, Jonan melakukan pertemuan dengan petinggi dari tiga perusahaan migas yakni ConocoPhillips, ExxonMobil dan Chevron.

Selain itu, Jonan mengadakan pertemuan dengan petinggi perusahaan bidang jasa penunjang yakni dari Baker Hughes dan Schlumberger. Terakhir, Jonan bertemu eksekutif Freeport McMoran. (bsns/mg)

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA