Tingkatkan Produksi Ikan, Pemkot Padang Siapkan 23 Kapal

Konfrontasi - Pemerintahan Kota Padang, Sumatera Barat, menyiapkan sekitar 23 kapal untuk para nelayan dalam upaya meningkatkan produksi ikan tangkap.

"Kapal-kapal tersebut sudah ada, tinggal memutuskan waktu yang tepat untuk memberikannya kepada nelayan," kata Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Padang Zalbadri di Padang, Selasa (4/8).

Ia menjelaskan kapal tersebut memiliki ukuran mesin yang berbeda yang terdiri dari 8 unit mesin 40 pk dan 15 unit mesin 15 pk.

Selain itu, katanya, untuk membantu nelayan menangkap ikan, Pemkot Padang juga akan menyalurkan mesin longtail sebanyak 23 unit.

"Kurang lebih semua itu menghabiskan anggaran sebesar Rp1 miliar dan kapal beserta mesin longtail tersebut akan diserahkan ke nelayan melalui kelompok," katanya.

Ia mengatakan, saat ini juga sudah melakukan perencanaan anggaran untuk pengadaan kapal besar untuk tahun 2016 yang berukuran 60 Gross Ton (GT), serta alat tangkap.

Ia mengungkapkan, kapal besar tersebut dianggarkan dengan harga Rp3,5 miliyar dan pengadaan alat tangkap ikan sebesar Rp1,4 miliar.

"Perencanannya sudah selesai dilakukan dan kurang lebih akan menghabiskan dana sebesar Rp4,9 miliar," ungkapnya.

Selain untuk menangkap ikan, rencananya kapal tersebut juga akan dimanfaatkan sebagai tempat belajar oleh siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) pelayaran Kota Padang.

Menurutnya, hal tersebut dapat menyatukan antara nelayan dengan generasi muda, sehingga bisa berbagi pikiran maupun ilmu pengetahuan dalam pelayaran dan menangkap ikan.

"Kami berharap semoga bisa mengubah pola pikir nelayan karena berbagi pikiran dengan generasi muda," katanya. (rol/ar)

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  

loading...