Tiga Ruas Tol akan Dilelang, Siapa Minat?

KONFRONTASI-Pada kuartal I-2016 ini, tiga ruas jalan tol  akan dilelang Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) menyusul telah disetujuinya izin penetapan lokasi pembangunan oleh pemerintah daerah setempat. Adapun ketiga ruas yang akan dilelang yakni tol Ciawi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu), Serang-Panimbang, dan Legundi-Bunder.

Kepala BPJT Herry Trisaputra Zuna mengatakan Surat Persetujuan Penetapan Lokasi Pembangunan (SP2LP) untuk ruas Cisumdawu dan Legundi-Blunder sudah diterbitkan. Sedangkan, ruas Serang-Panimbang masih menunggu keputusan dari Pemerintah Provinsi Banten.

"Ruas Cisumdawu itu kami sedang memastikan rutenya. Kalau surat penetapan persetujuan lokasi pembangunan (SP2LP) kan sudah ada, jadi biar (pembebasan) tanah berjalan, kita sambil lelang. Lalu Serang-Panimbang ini juga menunggu penlok (penetapan lokasi) dari Pemrov Banten, kalau keluar SP2LP bulan ini, kami bisa langsung lelang. Legundi-Bunder yang Waskita Karya usulkan, sedang pembebasan tanah, dan penlok sudah ada, tinggal rencana umumnya sambil berjalan mestinya bisa kita lakukan sekaligus," kata Herry di Jakarta, Senin (4/1).

Tol Cisumdawu ini dibangun dalam enam seksi, Seksi I Cileunyi-Rancakalong (12,025 km), Seksi II Rancakalong-Sumedang (17,05 km), Seksi III Sumedang-Cimalaka (3,7 km), Seksi IV Cimalaka-Legok (8,2 km), Seksi V Legok-Ujung Jaya (16,42 km), dan Seksi VI Ujung Jaya-Dawuan (4,23 km).

Adapun ruas tol Serang-Panimbang akan sepanjang 83,9 km dengan biaya investasi yang dibutuhkan sekitar Rp 6,7 triliun dan biaya tanah mencapai Rp1 triliun. Sedangkan tol Legundi-Bunder akan dibangun sepanjang 20 kilometer dengan nilai investasi mencapai Rp 2,5 triliun.[mr/bst/ID]

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA