25 June 2018

Tembus Kemacetan, Pertamina Kerahkan Pasukan Motor untuk Isi BBM Kendaraan Pemudik

KONFRONTASI-PT Pertamina (Persero) mengerahkan "pasukan motor" sebanyak enam kendaraan yang mengangkut masing-masing 40 liter bahan bakar minyak (BBM) untuk memenuhi kebutuhan BBM di tengah kemacetan ruas tol Pejagan-Brebes Timur.

"Hari ini kami mengerahkan enam motor yang masing-masing membawa 40 liter BBM dalam kemasan. Dengan dibantu pihak Kepolisian, harapan kami bisa menembus kemacetan dan membantu mengisi BBM bagi masyarakat yang membutuhkan," kata Vice President Corporate Communication Pertamina Wianda Pusponegoro pada konferensi pers di Gedung NTMC Korlantas Polri Jakarta, Selasa (5/7).

Wianda mengatakan Perseroan juga akan menggerakkan sekitar enam mobil "pick-up" yang berisi sekitar 1.500 liter BBM dalam kemasan.

Menurut dia, metode mobilisasi mobil kecil (pick up) bermuatan Pertalite dan Dexlite dalam drum telah cukup membantu, namun lalu lintas mulai padat sehingga perlu langkah alternatif lain untuk memasok BBM untuk masyarakat.

Adapun enam motor dan enam mobil pick up bergerak di bawah pengawalan kepolisian untuk memasok Pertamax Series dalam kemasan 1,2,5, dan 10 liter untuk pemudik.

Selama tiga hari terakhir, Wianda menjelaskan Pertamina telah mengisi hampir 6.000 liter BBM dalam kemasan terutama jenis Pertamax.

Pertamax Series kemasan tersebut di antar ke titik-titik penjualan di dalam tol seperti Rest Area 252 tol Pejagan, jalur Ketanggungan-Jatibarang, Ketanggungan-Bumiayu, dan SPBU Kaligangsa.

Selain motor dan mobil kecil, Pertamina juga menempatkan mobil tanki BBM yang membawa sekitar 5.000 liter di sejumlah lokasi tertentu untuk mengurangi kemacetan antrean isian BBM di SPBU.

"Sejak awal kami sudah menyiapkan mobil tanki berisi BBM yang ditempatkan di masing-masing SPBU secara 'stand by' namun tingginya animo masyarakat melakukan pengisian, membuat kami harus mengisi kembali mobil tanki ke terminal BBM," ujar Wianda.

Pertamina sebelumnya telah menambah jumlah SPBU yang menjual BBM kemasan di Brebes menjadi sembilan unit dan menyiapkan kios Pertamax di rest area KM 252 area Pejagan.

Beberapa SPBU di titik kemacetan dari Pejagan-Brebes Timur juga telah dibuka, seperti di Pejagan KM 258, Brebes Barat KM 254 dan Brebes Exit KM 266.[mr/skl]

Category: 
Loading...