Tekan Inflasi, Gubernur BI Sarankan Beli Tiket Mudik Lebaran Jauh-jauh Hari

Konfrontasi - Bank Indonesia (BI) imbau masyarakat membeli tiket pesawat mudik dari jauh hari sebelum lebaran, selain agar mendapatkan tiket. Hal itu juga untuk menekan inflasi.

"Kami mengimbau kepada masyarakat untuk jauh-jauh hari merencanakannya (pemebelian tiket untuk mudik), sehingga memang tidak menjadi tekanan-tekanan inflasi yang tinggi dari sisi tarif angkutan udara," kata Gubernur BI Perry Warjiyo di kantornya, Jakarta, Jumat (26/4/2019).

Perry mengamini, secara musiman pada bulan Ramadan dan Lebaran akan terjadi inflasi yang lebih tinggi dari bulan-bulan sebelumnya. Hal ini didorong tingginya permintaan yang membuat naiknya harga.

Kendati demikian, dia meyakini inflasi pada Ramadan yang jatuh pada Mei dan Juni 2019 akan lebih terkendali ketimbang periode di tahun 2018. Hal ini salah satunya dengan upaya BI dan pemerintah untuk menjaga pasokan pangan. "Seperti biasa, memang kalau Ramadan permintaanya naik, inflasinya naik. Tapi insyaallah inflasi akan tetap terkendali," kata dia.

Perry mengatakan, BI akan terus melakukan koordinasi dengan pemerintah melalui Tim Pengendalian Inflasi Pusat dan Daerah. Sehingga dengan pasokan yang terjaga di masyarakat, maka harga juga akan tetap terkendali. "Koordinasi dengan pemerintah itu terus dilakukan untuk memastikan bahwa harga-harga, khususnya pangan akan tetap rendah dan terkendali," kata dia. (ini/mg)

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA