Stok Beras di Sempit Aman

Konfrontasi - Stok beras di agen yang ada di Sampit Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, dipastikan masih aman untuk memenuhi kebutuhan beras hingga lebaran nanti.

"Ada 19 agen beras yang kami pantau. Stok beras kita masih cukup banyak sehingga aman selama hari besar keagamaan nanti," kata Kepala Bidang Perdagangan pada Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Pengelola Pasar Kotim, Rihard Siregar di Sampit, Kamis (28/5).

Rihard tidak merinci berapa jumlah stok beras di tingkat agen, namun dia meyakinkan masih mencukupi. Jumlah tersebut belum termasuk stok beras milik Badan Urusan Logistik Kotim yang diperkirakan bahkan cukup untuk beberapa bulan ke depan.

Koordinasi terus dilakukan dengan agen dan distributor untuk menekan potensi kenaikan harga yang biasanya terjadi selama Ramadan hingga lebaran. Jika stok mencukupi, maka jika terjadi kenaikan harga pun diharapkan tidak terlalu tinggi sehingga tidak sampai memberatkan masyarakat.

Hasil pengawasan di lapangan, hingga saat ini belum ada indikasi penimbunan bahan kebutuhan pokok. Begitu pula kabar beredarnya beras sintetis atau plastik di sejumlah daerah, juga belum ada ditemukan di Kotim.

"Tidak terdapat beras sintetis. Kotim bebas beras sintetis maupun oplosan karena beras kita cukup banyak," tegas Rihard.

Badan Urusan Logistik Kotim juga menegaskan bahwa stok beras masih aman. Saat ini stok beras mereka masih ada sebanyak 1.814 ton dan diperkirakan cukup untuk empat bulan ke depan.

Kepala Seksi Pelayanan Publik Bulog Sub Divisi Regional Sampit, Nurman, meminta masyarakat tidak khawatir karena stok beras akan selalu dijaga. Bahkan, akan ada penambahan stok sebanyak 1.000 ton yang didatangkan dari luar Kalimantan, ditambah pasokan beras lokal sebanyak 345 ton. (rol/ar)

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  

loading...