Solok Selatan Tetapkan Tanaman Manggis Sebagai Komoditas Unggulan

Konfrontasi - Pemerintah Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat (Sumbar), menetapkan tanaman manggis sebagai komoditas unggulan di daerah itu untuk selanjutnya diolah menjadi makanan serta obat-obatan.

Kepala Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Solok Selatan Akhirman di Padang Aro, Kamis (29/1), mengatakan pemilihan manggis sebagai komoditas unggulan atau inti sudah melalui tahapan dan pertimbangan serta dampak jangka menengah dan jangka panjangnya.

"Pemilihan buah manggis ini menjadi komoditas unggulan sudah melalui pertimbangan dan proses yang matang serta pendalaman terhadap satu komoditas atau beberapa jenis buah yang pengolahannya sama dalam sub sektor terpilih," katanya.

Dia mengatakan, komoditas Solok Selatan yang akan dikembangkan untuk hortikultura buah-buahan adalah jeruk, manggis, mangga, dan durian. Kemudian akan diolah menjadi berbagai macam produk makanan dan minuman sebagi bentuk program jangka menengah. Sementara untuk jangka panjang diolah menjadi ekstraksi bahan aktif untuk kesehatan dan kosmetik.

Sedangkan industri pengolahan jagung dan bekatul sebagai bahan utama campuran kosentrat pakan ternak merupakan nilai tambah kecil dan rantai pendek.

Sedangkan pengolahan karet alam sampai bentuk Sr-20 program perkebunan sebagian besar diusahakan BUMN dan sulit bersaing dengan Provinsi Sumut.

Ia menyebutkan, pengembangan komoditas manggis di Solok Selatan yaitu Nagari Ranah Pantai Cermin Kecamatan Sangir Batang Hari seluas 27,5 hektare.

Selain itu juga berpotensi di Nagari Lubuak Malako dan Bidar ALam Kecamatan Sangir Jujuan dan Nagari Pakan Rabaa Utara serta Pakan Rabaa Timur Kecamatan Koto Parik Gadang Diateh.

Ia mengatakan, kedepan yang akan dilakukan yaitu melakukan pengolahan buah manggis ini untuk berbagai bentuk makanan, minuman serta obat-obatan.

Manggis, katanya, bisa diolah menjadi berbagai makanan, minuman serta obat-obatan tetapi di Solok Selatan dalam jangka pendeknya akan di olah menjadi sirup, dodol manggis serta untuk ekspor.

Sebagai contoh kulit manggis selain sebagai obat juga bisa diolah menjadi minuman sari buah. Selain itu kulit manggis terdapat khasiat yang menyehatkan karena adanya kandungan antioksidan tinggi dan juga memiliki nilai ekonomis bila diolah.

Menurut penelitian limbah kulit manggis dapat dimanfaatkan menjadi produk makanan dan minuman serta obat-obatan karena mengandung nutrisi seperti karbohidrat, protein, lemak.

selain itu kulit manggis juga mengandung senyawa yang berperan sebagai antioksidan seperti antosianin, xanton dan turunannya. (akl/ar)

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  

loading...