Ramaikan Kaltara, Garuda Indonesia Buka Rute Baru Balikpapan-Tarakan

Konfrontasi - PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk membuka rute penerbangan baru, Balikpapan - Tarakan, di tengah pandemi. Rute tersebut mulai beroperasi sejak 21 November 2020.

Rute penerbangan Balikpapan-Tarakan akan diterbangi sebanyak tiga kali dalam seminggu, yakni di setiap hari Selasa, Kamis, dan Sabtu dengan menggunakan pesawat Bombardier CRJ-1000.

Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra mengatakan, penerbangan rute baru tersebut diharapkan dapat memberikan kemudahan dan ragam pilihan bagi pengguna jasa yang akan melaksanakan perjalanan.

Terutama ke berbagai potensi destinasi pariwisata nasional maupun kawasan ekonomi baru, yang dalam hal ini Tarakan turut dikenal sebagai sentra industri kecil dan menengah (IKM) pengrajin mebel dan perahu di Provinsi Kalimantan Utara.

"Pengoperasian rute ini merupakan komitmen berkelanjutan Garuda Indonesia dalam mendukung aksesibilitas destinasi pariwisata dan peningkatan potensi perekonomian nasional, termasuk kota Tarakan, melalui konektivitas layanan penerbangan langsung dari sejumlah kota besar di Indonesia seperti Balikpapan," jelas Irfan dalam siaran pers, Minggu (22/11/2020).

Ia menjelaskan, pengembangan jaringan penerbangan maskapai pelat merah tersebut dipastikan selaras dengan implementasi protokol kesehatan. Irfan bilang, protokol kesehatan selalu dilaksanakan secara konsisten dan maksimal pada seluruh lini operasional perusahaan.

Di sisi lain, lanjut dia, penguatan sinergitas dengan seluruh pemangku kepentingan di sektor penerbangan juga terus dilakukan. Hal ini untuk menghadirkan penerbangan yang aman dan nyaman bagi pengguna.

"Kiranya itu semua dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat untuk terus terbang bersama Garuda Indonesia," kata dia.

Sementara itu, Sekretaris Provinsi Kalimantan Utara, H Suriansyah mengapresiasi langkah Garuda Indonesia dalam membuka layanan penerbangan menuju Tarakan.

Menurutnya, hal ini sejalan dengan upaya pemerintah daerah (pemda) dalam mendorong perekonomian Kalimantan Utara, yakni melalui penyediaan aksesibilitas penerbangan yang terhubung dengan sejumlah kawasan pusat perekonomian di Indonesia.

"Sehingga selain memudahkan pelayanan transportasi udara bagi masyarakat Kalimantan Utara, juga yang paling penting kami harapkan sektor investasi di provinsi ini dapat terus berkembang dan berdaya saing," ujar Suriansyah. (kcm/mg)

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  

loading...