Presiden Jokowi Dukung Ekspor Langsung Guna Dongkrak Perekonomian

KONFRONTASI - Presiden Joko Widodo mendukung upaya adanya ekspor langsung dari daerah ke negara tujuan ekspor, untuk peningkatan perekonomian masyarakat sekitar. Salah satunya adalah yang dilakukan oleh Pelindo IV untuk upaya ekspor langsung dari Maluku melalui Mou.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi juga sependapat dengan Presiden dan menyambut baik upaya ekspor langsung tersebut.

Menurutnya, pemerintah selain meningkatkan koneksitas angkutan penumpang juga joneksitas angkutan barang melalui transportasi laut yang murah, diantaranya tol laut yang tidak terpisahkan dengan ekspor maupun impor langsung.

Dia berharap upaya ini bisa diberlakukan kawasan lainnya sehingga perekonomian daerah bisa terdongkrak. Untuk melaksanakan program berjalan pemerintah juga tengah membangun rumah kita yang merupakan wadah atau tempat penampungan, pengepul barang-barang yang akan diangkut.

“Jangan sampai ada keluhan dari pelayaran datang bawa muatan kembalinya tidak ada muatan atau sepi hingga menderita kerugian,” ujarnya dalam keterangan resmi yang diterima Bisnis.com

Dengan adanya tempat penampungan itu, katanya, maka stok barang yang akan diangkut selalu tersedia sehingga kapal akan ada muatannya dan jika berjalan baik akan menghilangkan disparitas harga barang antara wilayah Barat dengan wilayah Timur Indonesia.[bisnis/tmp/ian]

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  

loading...